Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Bandara AP I Turun 2 Persen Sejak Ada Aturan Perjalanan Udara Terbaru

Kompas.com - 04/08/2022, 21:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I mencatat sebanyak 2.268.399 penumpang selama 14 hari atau sejak berlakunya aturan perjalanan udara terbaru terhitung mulai dari 17 Juli sampai 30 Juli 2022.

Aturan perjalanan udara yang dimaksud adalah Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 70 dan Nomor 71 Tahun 2022.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, implementasi aturan perjalanan udara terbaru untuk pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) ini berdampak pada penurunan penumpang sebanyak 2 persen.

"Jika dirinci, pergerakan penumpang periode 17-30 Juli turun sebesar 2 persen jika dibanding periode 3-16 Juli, serta pergerakan pesawat udara tumbuh 5 persen," kata Faik dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Semester I-2022, Pergerakan Penumpang di 15 Bandara AP I Naik 55,9 Persen

Meski demikian, Faik menilai, hal tidak berdampak signifikan terhadap perusahaan.

Ia juga mengatakan, 14 hari sebelum aturan perjalanan udara tersebut diberlakukan atau selama periode 3-16 Juli, tercatat sebanyak 2.311.319 penumpang pesawat udara dan 18.106 pergerakan pesawat terlayani.

"Secara umum, belum nampak adanya perubahan yang cukup signifikan dari sisi trafik angkutan udara pasca implementasi aturan perjalanan udara baru yang mulai berlaku per hari Minggu, 17 Juli lalu," ujarnya.

Lebih lanjut, Faik mengatakan, meski belum berdampak signifikan, pihaknya berkomitmen untuk terus mengawasi implementasi perjalanan udara di seluruh bandara.

Ia mengatakan, posko vaksinasi Covid-19 masih tersedia di 15 bandara di bawah naungan AP I sehingga calon penumpang yang belum divaksinasi bisa mendaftarkan diri.

"Kami senantiasa mengimbau kepada calon penumpang pesawat udara untuk melengkapi diri dengan persyaratan yang berlaku, serta untuk selalu disiplin dalam implementasi protokol kesehatan," ucap dia.

Baca juga: Bluebird dan AP I Hadirkan Taksi Listrik di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com