Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal EASY, Platform KSEI yang Mudahkan Investor Ikuti Gelaran RUPS

Kompas.com - 05/08/2022, 15:11 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) suatu perusahaan saat ini tidak lagi hanya bisa diikuti secara fisik. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, investor dapat menghadiri RUPS secara online melalui platform EASY.

Platform milik PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) itu sebenarnya telah diluncurkan sejak 2020. Tujuannya, untuk memfasilitasi kehadiran investor dalam gelaran RUPS, terutama semenjak merebaknya pandemi Covid-19.

"Platform tersebut merupakan upaya KSEI untuk meningkatkan efisiensi penyelenggaraan RUPS emiten," kata Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan Usaha KSEI, Dian Kurniasarie, dalam keterangannya, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: RUPS: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Dian menjelaskan, EASY sudah dilengkapi oleh platform e-proxy, e-voting dan live streaming. Dengan demikian, platform tersebut memungkinkan investor untuk menghadiri dan menyampaikan suaranya dari berbagai lokasi.

Selain itu, investor yang sudah melakukan konfirmasi kehadiran melalui EASY, tidak perlu hadir langsung pada saat pelaksanaan RUPS, karena kehadiran investor sudah tercatat dan hak suara sudah sah terhitung dalam RUPS.

“EASY juga menjadi solusi bagi investor yang berbeda domisili dengan lokasi pelaksanaan RUPS, apalagi untuk investor yang harus mengikuti beberapa RUPS di waktu yang berdekatan, namun di lokasi yang berbeda,” kata Dian.

Lebih lanjut, Dian mengungkapkan, sampai dengan Juni 2022, dari 787 emiten saham di pasar modal, 768 di antaranya telah menggunakan fasilitas EASY. 768 emiten tersebut telah mengadakan 2.951 kegiatan RUPS (tahunan dan luar biasa) dengan tingkat kehadiran RUPS yang dikuasakan sebesar 64 persen.

"Sementara itu, sampai Juni 2022, 735 emiten telah menggunakan fitur e-voting sejak penerapan pada Juni 2021," ujarnya.

KSEI disebut berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan layanan EASY demi memenuhi kebutuhan industri pasar modal di masa mendatang. Beberapa pengembangan yang sudah direncanakan antara lain memfasilitasi pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Obligasi dan Sukuk, Rapat Umum Pemegang Unit Penyertaan, dan Rapat Umum Pemegang Multiple Voting Share.

Baca juga: KSEI: Investor Saham Tembus 4 Juta SID, Didominasi Milenial dan Gen Z

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com