Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 A Gratis Sampai 21 Agustus 2022

Kompas.com - 11/08/2022, 12:27 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menggratiskan tarif tol Serpong-Balaraja seksi 1A mulai 10-21 Agustus 2022.

Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, jalan tol yang memiliki panjang 5,15 kilometer (km) ini telah menjalani uji laik fungsi dan uji laik operasi dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Polri pada 22-24 Juli lalu.

Kini jalan tol yang menghubungkan Serpong hingga simpang susun (SS) CBD ini akan dioperasikan fungsional secara gratis sampai diresmikan dan beroperasi sepenuhnya setelah 21 Agustus mendatang.

Baca juga: Daftar Tarif Tol Surabaya-Gresik 2022 untuk Golongan I-V

Dalam mendukung kesiapan pengoperasian jalan tol ini juga telah dipasang sejumlah petunjuk jalan, pembatas jalan, lampu penerangan, tanda jalan hingga mesin untuk transaksi non-tunai, dan portal pembatas kendaraan di gerbang tol.

Dengan memberlakukan tarif gratis, BPJT turut mendukung kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition BSD City beberapa waktu mendatang.

Baca juga: Mau ke GIIAS 2022, Bisa Lewat Tol Serpong-Balaraja yang Masih Gratis

Adapun pembangunan Tol Serpong-Balaraja bertujuan untuk menyediakan jalur alternatif guna memperlancar distribusi pasokan komoditas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang serta Provinsi Banten yang berpotensi semakin berkembang.

Jalan Tol Serpong-Balaraja dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbaraja yang terdiri atas 3 seksi, yakni seksi I BSD–Legok sejauh 11,3 km, seksi II Legok–Tigaraksa Selatan 10,7 km, dan seksi III Tigaraksa Selatan–Balaraja 17,8 km.

Keistimewaan Jalan Tol Serpong-Balaraja juga akan terkoneksi dengan sejumlah Jalan Tol lainnya, yaitu jalan Tol Serpong-Ulujami yang juga terkoneksi dengan alan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Baca juga: Tarif Tol Soreang-Pasir Koja Naik Mulai Hari Ini, Simak Rinciannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com