Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga: Dana PEN Berakhir Tahun Ini

Kompas.com - 11/08/2022, 17:40 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN akan berakhir tahun 2022 ini. Artinya pemerintah tidak mengeluarkan dana PEN lagi di tahun 2023.

“Dana PEN akan berakhir tahun ini,” kata Airlangga di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Airlangga mengatakan, nantinya anggaran penanganan Covid-19 akan diberikan ke masing-masing kementerian dan lembaga, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

“Akan dikembalikan seperti yang diatur dalam undang-undang. Tinggal seluruh biayanya yang nanti akan dikembalikan ke sektor masing-masing,” ujar dia.

Baca juga: Menko Airlangga Minta Rumah Sakit Bantu Akselerasi Pemberian Vaksin Booster ke Masyarakat

Airlangga bilang, program dalam PEN masih akan tetap dilanjutkan, hanya saja hal itu akan dilakukan oleh masing-masing kementerian dan lembagai.

“Seluruh biaya dikembalikan ke sektor masing-masing. Untuk sektor kesehatan di Kemenkes, untuk sektor ekonomi balik ke kementerian dan lembaga masing-masing, jadi tidak berarti programnya tidak dilaksanakan. Tapi bergeser ke K/L masing-masing,” lanjut dia.

Sebelumnya, Airlangga mengungkapkan realisasi anggaran program PEN mencapai Rp 95,13 triliun sampai pertengahan Juni 2022. Porsinya sebesar 20,9 persen dari pagu anggaran Rp 455,62 triliun.

Realisasi terbesar didominasi oleh klaster perlindungan masyarakat, diikuti klaster kesehatan, dan pemulihan ekonomi.

Baca juga: Apakah Konflik China-Taiwan Berdampak ke Indonesia? Ini Kata Menko Airlangga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com