Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung UMK Naik Kelas, PPA Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 15/08/2022, 11:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) mengusung program yang berfokus mendukung masyarakat dan UMK untuk naik kelas melalui dukungan modal usaha dan pelatihan keterampilan.

Sekretaris Perusahaan PPA Agus Widjaja mengatakan, sejak tahun 2021 pihakanya menjalankan program PPA Peduli UMK Spesial untuk mendukung kelompok-kelompok marjinal agar mereka dapat mandiri dan berdaya.

Adapun, di antara komunitas yang dirangkul oleh PPA adalah Yayasan Sadar Hati yang menaungi UMK Sahawood.

Baca juga: PPA Bukukan Pertumbuhan Laba Bersih 58 Persen Semester I-2022

Sahawood merupakan UMK yang tidak hanya memberikan dampak ekonomi, tetapi juga dampak sosial tinggi kepada lingkungan sekitar. Pasalnya, mereka mempekerjakan para mantan pengguna narkoba, pengidap HIV/AIDS, dan mantan narapidana.

“Dukungan PPA terhadap UMK dan kelompok marjinal diharapkan dapat memberikan berkontribusi dan dampak langsung dalam penciptaan nilai untuk peningkatan taraf hidup sosial masyarakat. Melalui ajang ini PPA telah melaksanakan fungsi TJSL yang sejalan dengan (Sustainable Development Goals/SDGs)," terang dia dalam keterangan pers, dikutip Senin (15/8/2022).

Ia menambahkan, program PPA ini sejalan dengan SDGs yang bertujuan untuk menghapus kemiskinan, mengakhiri kelaparan, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan berkualitas, pekerjaan yang layan dan pertumbuhan ekonomi, dan berkurangnya kesenjangan.

Agus berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat secara berkesinambungan dan sesuai dengan pedoman pemerintah pada Peraturan Menteri BUMN Nomor 5 Tahun 2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN.

Sebagai informasi, PPA meraih dua penghargaan TJSL & CSR Award 2022 yang diselenggarakan oleh BUMN Track, yaitu Kategori Terbaik untuk Pilar Ekonomi dan Kategori Terbaik untuk Pilar Lingkungan.

"Sebagai perusahaan yang berorientasi pada penciptaan nilai bagi masyarakat, PPA memberikan dukungan langsung terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil (UMK), melalui program-program yang terintegrasi dengan aspek pelestarian lingkungan,” tandas Agus.

Baca juga: Diundur, Tarif Baru Ojol Berlaku Mulai 29 Agustus 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com