Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bangun Ekosistem Silicon Valley, Jababeka Gandeng Telkomsel Enterprise

Kompas.com - 15/08/2022, 18:45 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jababeka Infrastruktur bekerja sama dengan Telkomsel Enterprise sebagai mitra strategis dalam mewujudkan kawasan Jababeka Silicon Valley di Cikarang, Jawa Barat.

Managing Director PT Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono mengatakan, kerja sama ini mendorong akselerasi dan transformasi industri para tenant di kawasan Silicon Valley atau yang disebut juga dengan Correctio.

"Dengan bersinergi bersama Telkomsel, Jababeka berkomitmen untuk membangun ekosistem teknologi berkelanjutan yang mampu menjadi solusi atas seluruh kebutuhan industri dan Startup di kawasan tersebut," kata Agung usai penandatanganan MoU dengan Telkomsel Enterprise di Menara Batavia, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Jababeka, BRIN, BISA AI dan Indogen Bangun Silicon Valley di Cikarang

Agung mengatakan, melalui kerja sama tersebut, Telkomsel Enterprise akan hadir sebagai penyedia layanan manufaktur bagi industri di kawasan Silicon Valley.

Layanan ini, kata dia, diharapkan dapat memperkuat ekosistem smart city dengan layanan berbasis teknologi masa depan untuk diterapkan di berbagai sektor.

"Layanan yang disediakan oleh Telkomsel yaitu Enterprise Product & Smart Manufacturing Solutions," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Enterprise Product Management Telkomsel Hanang Setiohargo mengatakan, sebagai mitra, pihaknya akan berkolaborasi dan menjadi katalisator bagi industri dan start up di kawasan Jababeka.

Baca juga: Mengenal Bukit Algoritma Sukabumi, Tiruan Silicon Valley Ala Indonesia

"Kami yakin kerja sama yang terjalin dapat mendorong implementasi solusi teknologi masa depan untuk mengakselerasi transformasi digital lintas sektor, melesat dengan digital mencapai industry 4.0," kata Hanang.

Adapun untuk mendorong kesuksesan pembangunan kawasan Jababeka, Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) akan kembali diinisiasi Jababeka di masa mendatang bersama mitra lintas sektoral lainnya disamping Telkomsel, BRIN, Indogen, dan BISA AI.

Baca juga: Silicon Valley Indonesia Bakal Segera Dibangun di Sukabumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com