Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Masih Tertekan

Kompas.com - 16/08/2022, 11:56 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi perdagangan Selasa (16/8/2022) pagi hari masih melemah. Pelemahan ini mengekor sejumlah mata uang kawasan Asia lainnya.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.772 per dollar AS, melemah dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.741,5 per dollar AS.

Terpantau nilai tukar rupiah terus bergerak di zona negatif, di mana sampai dengan pukul 11.30 nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.756,5 dollar AS, melemah 15 poin atau 0,1 persen.

Baca juga: Nilai Tukar Rupiah Melemah 0,5 Persen, 1 Dollar AS Setara Rp 14.742

Bukan hanya terhadap rupiah, indeks dollar AS pada awal pekan ini terpantau kembali menguat terhadap mata uang lain di kawasan Asia, mulai dari peso Filipina, won Korea Selatan, yuan China, hingga ringgit Malaysia.

Penguatan indeks dollar AS masih disebabkan oleh sentimen pengetatan kebijakan moneter bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed). Meskipun inflasi di Negeri Paman Sam menunjukan perlambatan, sejumlah petinggi The Fed memberikan sinyal, bank sentral akan tetap agresif menaikkan suku bunga acuannya, untuk mengendalikan lonjakan harga.

"Jadi ini mendorong penguatan dollar terhadap mata uang lainnya," ujar Analis PT Sinarmas Futures, Ariston Tjendra, kepada Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah ke Rp 14.870,5 per Dollar AS

Selain itu, menurunnya data perekonomian China juga akan menjadi perhatian pasar. Menurunnya data produksi dan penjualan ritel Negeri Tirai Bambu membuat pasar semakin khawatir akan terjadinya perlambatan ekonomi global.

"Ini memberikan dampak negatif ke aset berisiko seperti rupiah," kata Ariston.

Namun demikian, data neraca dagang Juli 2022 RI yang kembali mencatatkan surplus dinilai masih akan mampu meredam pelemahan nilai tukar rupiah hari ini. Bahkan, data yang menunjukan kondisi perekonomian nasional masih baik itu mampu mendorong nilai tukar rupiah untuk menguat.

"Rupiah hari ini potensi pelemahan ke area Rp 14.870, dengan support di kisaran Rp 14.700," ucap Ariston.

Baca juga: Rupiah Perkasa, Simak Kurs IDR-USD di 5 Bank Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com