Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Rupiah FERBI 2022 Digelar di GBK, Warga Bisa Tukar Uang Baru dan Beli Uang Bersambung

Kompas.com - 19/08/2022, 13:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2022 di GOR Basket Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta. Dalam acara ini masyarakat dapat menukarkan uang baru 2022 dan membeli uang bersambung.

Festival yang digelar pada 19-21 Agustus 2022, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia sekaligus meningkatkan edukasi keuangan kepada masyarakat.

FERBI 2022 bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang peran rupiah dalam sejarah bangsa. Serta untuk menumbuhkan optimisme, semangat kebangsaan, dan memperkuat kedaulatan negara melalui rupiah.

Baca juga: Ini Cara Penukaran Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pada acara ini masyarakat dapat mengetahui sejarah panjang uang rupiah dari masa ke masa, meningkatkan literasi keuangan, hingga menukarkan uang lama menjadi uang baru 2022.

"Yuk kita berbodong-bondong ke FERBI ini menikmati bagaimana uang rupiah itu dalam perjalanan bangsa Indonesia melalui berbagai kegiatan showcasing, talkshow, hiburan, perlombaan, hingga layanan penukaran uang kepada masyarakat," ujarnya saat membuka acara FERBI 2022, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Syarat dan Cara Tukar Uang Baru 2022 secara Online

Apabila masyarakat ingin melakukan penukaran uang baru 2022 di acara ini maka dibatasi maksimal Rp 1 juta.

Selain itu, tidak ada syarat khusus dalam penukaran uang baru 2022 lantaran uang baru ini sama seperti uang yang beredar pada umumnya.

Baca juga: Minat Koleksi Uang Bersambung dari BI? Ini Rincian Harga dan Cara Belinya

BI layani pembelian uang bersambung di FERBI 2022

Sebelumnya Kepala Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan, BI di acara FERBI 2022 tidak hanya melayani penukaran uang baru saja tetapi juga melayani pembelian uang rupiah khusus (URK) uang bersambung.

"Bisa tukar (uang baru) di sana (FERBI), bahkan kita memberikan kesempatan masyarakat membeli uang rupiah khusus. Kita menjual uang rupiah uncut money atau uang tidak terpotong atau uang bersambung," ujar Marlison saat Taklimat Media virtual, Kamis (18/8/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com