Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Minta Pelaku Ekraf Gencarkan Penyelenggaraan "Event" untuk Dorong Ekonomi

Kompas.com - 19/08/2022, 13:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menggiatkan penyelenggaraan event guna mendorong kebangkitan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja di kalangan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan dalam Pesta Rakyat Kota Bekasi di Bekasi Junction, Kota Bekasi, Kamis (18/8/2022). Bazar yang menawarkan produk ekraf UMKM ini diinisiasi komunitas Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) dan berlangsung hingga Minggu (21/8/2022).

"Kegiatan seperti ini akan sangat berdampak kepada masyarakat karena ekonomi bergerak. Peluang penciptaan usaha dan lapangan kerja juga terbentuk. Saya mengapresiasi kehadiran pesta rakyat bersama Jawara," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: Promosikan Indonesia, Sandiaga Uno Luncurkan WonderVerse

Ia menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih, Indonesia dan negara-negara di dunia dihadapkan dengan tantangan ekonomi global. Harga-harga bahan pokok diperkirakan akan naik akibat perang Rusia-Ukraina sehingga menyebabkan krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan yang menjadi semakin tidak terhindarkan.

"Secara total inflasi itu (diperkirakan) 10 persen naiknya, kita harus waspada, kita harus mulai mengantisipasi inflasi," kata dia.

Untuk itu, ia mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Salah satunya dengan menghadirkan event-event yang melibatkan pelaku khususnya UMKM.

"Harapannya kita semua bangkit. Caranya dengan menguatkan ekonomi dari masyarakat, kegiatan event seperti ini akan sangat berdampak karena ekonomi bergerak. Kita harus kompak kita enggak boleh terpecah-belah," ucap Sandiaga Uno.

Baca juga: HUT Ke-77 RI, Sandiaga Uno Ajak Pelaku Pariwisata Bangkit

Menanggapi hal tersebut Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan, ekonomi di Kota Bekasi sudah mulai tumbuh positif antara 3,8 sampai 4,2 persen.

"PR (pekerjaan rumah) ini tidak mungkin diselesaikan sendiri oleh pemerintah (kota), tapi dibantu ada pihak lain termasuk Jawara yang ikut serta membangun Kota Bekasi menggerakkan ekonomi. Tidak hanya sebagai masyarakat konsumtif, tapi juga mulai berpikir produktif," tutur dia.

Pemerintah Kota Bekasi, Tri bilang, berupaya menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor andalan. Pemkot Bekasi akan mengembangkan destinasi-destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif, seperti Kampung Bali, Kampung Pancasila, dan lainnya.

"Kami akan kembangkan, termasuk kami akan menghadirkan Kampung Pecinan yang akan dimulai dari Bekasi Junction. Kita harapkan nantinya agar menjadi destinasi tematik yang luar biasa," pungkas dia.

Baca juga: Sandiaga Uno Ajak Investor Brunei Darussalam Tanam Investasi di 5 Destinasi Super Prioritas dan KEK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com