Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Tukar Uang Baru 2022 secara Online

Kompas.com - 19/08/2022, 16:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat rupanya sangat antusias ingin segera memiliki uang baru 2022. Hal ini terlihat dari banyaknya pencarian bagaimana penukaran uang baru 2022 di internet.

Bank Indonesia (BI) telah menyebutkan penukaran uang baru 2022 dapat dilakukan melalui aplikasi Pintar yang dapat diambil di kantor pusat BI, 46 kantor wilayah BI, dan kas keliling BI, serta perbankan terdekat.

Selain itu, selama 19-21 Agustus 2022, masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang baru 2022 di acara Festival Rupiah Berdaulat Bank Indonesia (FERBI) 2022 yang diselenggarakan di GOR Basket Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Saat Kompas.com mendatangi kantor cabang BCA KCP Krekot Bunder, Jakarta Pusat pada siang tadi, rupanya masih belum tersedia layanan penukaran uang baru 2022.

Baca juga: Fakta-fakta di Balik 7 Pecahan Uang Baru 2022

Petugas pun menyarankan agar melakukan penukaran uang baru langsung di website BI.

"Sebenarnya hari ini sudah dibuka, tapi saat pembagian kebetulan kami gak dapet (uang baru 2022)," ujar petugas BCA KCP Krekot Bunder kepada Kompas.com, Jumat (19/8/2022).

Kompas.com sudah berupaya menanyakan hal ini kepada Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn namun masih belum mendapatkan jawaban.

Akhirnya, Kompas.com mencoba untuk melakukan pemesanan melalui aplikasi Pintar yang dapat diakses di laman https://pintar.bi.go.id/ dan ternyata caranya cukup mudah.

Meskipun sempat terkendala saat memilih lokasi dan waktu penukaran yang tepat lantaran saat Kompas.com memilih tanggal 20 Agustus 2022, ternyata kuota penukaran sudah penuh.

Simak cara penukaran uang baru 2022 melalui aplikasi Pintar berikut ini:

Cara Penukaran Uang Baru 2022

1. Buka laman pintar.go.id
2. Pilih menu Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling.
3. Kemudian pilih lokasi penukaran uang baru 2022. Kebetulan Kompas.com memilih DKI Jakarta. Lalu klik Lihat Lokasi.
4. Pada halaman Lokasi dan Waktu Penukaran, silakan pilih Tanggal dan Lokasi penukaran yang diinginkan. Jika sudah menemukan yang tepat, klik tombol Pilih di samping kanan lokasi dan waktu yang dipilih.
5. Pada menu Data Pemesan, isi KTP dan nama lengkap sesuai KTP. Lengkapi juga kolom Nomor Telepon dan Alamat E-mail. Jika sudah terisi semua klik tombol Lanjutkan.
6. Pada halaman Detil Pecahan, pilih Uang Rupiah TE 2022. Isi jumlah paket yang diinginkan, 1 paket setara dengan Rp 200.000 dan maksimal 5 paket senilai Rp 1 juta. Pilih jumlah pecahan uang baru 2022 yang ingin ditukarkan. Klik kotak I'm not a robot, ceklis kotak pernyataan, dan klik tombol Pesan.
7. Pendaftaran penukaran uang baru 2022 pun berhasil. Halaman website akan menampilkan kode pemesanan, data pemesan, informasi lokasi dan waktu penukaran, detail pecahan, serta ketentuan penukaran uang baru 2022 di kas keliling BI.
8. Jangan lupa unduh atau download bukti pemesanan atau cek di Kotak Masuk email untuk mendapatkan bukti pemesanan. Bukti pemesanan ini dapat dicetak atau ditunjukkan dalam bentuk digital saat penukaran uang baru 2022.

Tampilan website Pintar BI saat pendaftaran untuk tukar uang baru 2022 berhasil. Penukaran uang baru 2022 di luar lokasi serta waktu yang tertera di bukti pemesanan tidak dapat dilakukan.Tampilan laman Pintar BI. Tampilan website Pintar BI saat pendaftaran untuk tukar uang baru 2022 berhasil. Penukaran uang baru 2022 di luar lokasi serta waktu yang tertera di bukti pemesanan tidak dapat dilakukan.

Baca juga: Cara Cek Lokasi Penukaran Uang Baru 2022 di Berbagai Daerah

Langkah selanjutnya, Kompas.com akan menuju lokasi penukaran di waktu yang sudah tertera sesuai dengan yang tertera di bukti pemesanan, yaitu pada Minggu (21/8/2022) di Lapangan Basket Hall Senayan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Perlu dicatat, penukaran uang baru 2022 di luar lokasi serta waktu yang tertera di bukti pemesanan tidak dapat dilakukan.

Kemudian pastikan sudah membawa uang lama yang akan ditukar dengan uang baru 2022 dengan jumlah yang sama dengan bukti pemesanan.

Sebagai informasi, selama 2 bulan pertama uang baru 2022 akan disebarkan secara terbatas lantaran BI ingin uang baru ini tersebar secara merata terlebih dahulu.

Sejak diluncurkan Kamis kemarin hingga September mendatang, masyarakat hanya boleh melakukan penukaran uang baru 2022 maksimal sebanyak Rp 1 juta.

Selama proses penukaran uang baru 2022 ini masyarakat tidak dikenakan biaya sama sekali. Itulah cara tukar uang baru 2022 yang dapat dicoba saat ini.

Baca juga: Tukar Uang Baru 2022 Bisa Rp 200.000 per Paket, Maksimal Rp 1 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com