Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRILife Kantongi Pendapatan Rp 4,69 Triliun pada Semester I-2022

Kompas.com - 20/08/2022, 18:02 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BRILife membukukan kinerja positif di tengah-tengah kondisi industri asuransi jiwa yang masih terkoreksi. Pada semester I-2022, BRILife mengantongi total pendapatan usaha sebesar Rp 4,69 triliun, tumbuh 44 persen (year on year/yoy). Pendapatan premi bruto mencapai Rp 4,66 triliun (38 persen).

Direktur Utama BRILife, Iwan Pasila mengatakan, pertumbuhan berkelanjutan ini ditopang oleh dukungan induk usaha di BRI dan FWD sehingga dapat melakukan penetrasi lebih dalam ke nasabah retail dan mikro dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital.

"Kami akan terus bergerak melakukan penetrasi yang semakin dalam di seluruh segmen BRI dengan memanfaatkan teknlogi digital untuk memberikan hasil yang efisien bagi Pemegang Polis dan induk usaha," tuturnya melalui keterangan resmi, Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Kenali Gambar dan Nama Pahlawan di Uang Rp 50.000 Baru

"Hal ini sejalan dengan inisiatif untuk mendukung pencapaian visi induk usaha di BRI untuk menjadi Champion di Financial Inclusion dan visi FWD untuk mengubah cara pandang orang terhadap asuransi," lanjut Iwan.

Dari sisi APE (Annualized Premium Equivalent) BRILife meraih Rp 1,54 triliun, tumbuh lebih dari 20 persen (yoy). Pencapaian APE ini kata dia, menghasilkan Value of New Business (VONB) sebesar Rp 545,4 miliar atau tumbuh 37 persen pada periode tersebut.

Sementara itu, jumlah Tertanggung BRI Life mencapai 18,86 juta tertanggung pada akhir Juni 2022 atau tumbuh sebesar 31 persen secara yoy. Masih pada periode yang sama, BRILife telah membayarkan total manfaat sebesar Rp 2,25 triliun kepada para pemegang polis, turun 5 persen.

Baca juga: Harga BBM Subsidi Bakal Naik, YLKI Khawatir Pangan Mahal

"Penurunan jumlah manfaat ini ditopang oleh penurunan klaim kematian karena penanganan pandemi covid-19 yang sangat baik yang dilakukan oleh pemerintah. Kami terus berupaya untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan proses klaim untuk memastikan pemegang polis dan ahli waris memperoleh klaim pertanggungan dengan cepat dan akurat," kata Iwan.

Total Aset BRILife sampai dengan kuartal II 2022, mencapai Rp 20,32 triliun, tumbuh 17 persen. Kemudian, posisi solvabilitas BRI Life mencapai 532 persen jauh di atas tingkat RBC yang dipersyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 120 persen.

Baca juga: Dampak Rambatan Kenaikan Harga BBM Subsidi, Inflasi Tinggi hingga Sebabkan Stagflasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com