Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Targetkan Merah Putih Fund Himpun Dana Awal Rp 4,4 Triliun

Kompas.com - 23/08/2022, 17:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan modal ventura Merah Putih Fund sudah meperoleh lampu hijau dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan target penghimpunan dana di awal sebesar 300 juta dollar AS atau Rp 4,4 triliun (kurs Rp 14.904 per dollar AS).

Adapun syarat mendapatkan pendanaan dari Merah Putih Fund yakni founder startup yang akan didanai adalah WNI, perusahaan startup beroperasi di Indonesia, dan go publik juga di Indonesia.

“Private sector di merah putih fund kita terbuka. Aturan OJK udah keluar ya ini, kita mau bikin 300 juta dollar AS untuk dasarnya. Benang merahnya, founder-nya harus orang Indonesia, perusahaannya beroperasi di Indonesia, kalau nanti go public juga harus di Indonesia,” kata Erick di Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Petani Sawit Berharap Penghapusan Tarif Ekspor CPO Diperpanjang

Ketua Project Management Officer (PMO) Merah Putih Fund Eddi Danusaputro mengatakan, izin OJK diperoleh pada akhir Juli 2022.

“Sekarang sudah dapat izin dari OJK akhir Juli lalu ya. Nama resminya Dana Ventura Merah Putih Fund, ini belum lama. Baru dapat izinnya sekarang,” kata Eddi.

Eddi melanjutkan, saat ini prosesnya adalah penggalangan dana, target sebagian dana tersebut menurutnya akan dikumpulkan tahun ini sebesar 300 juta dollar AS, dan sebagian lagi di awal tahun depan.

“First close 300 dollar AS, mudah-mudahan target semua terkumpul di kuartal I dan II. Tahun depan, kita tidak akan berhenti disitu, karena ada another second close dengan tambahan Rp 300 juta dollar AS lagi di tahun 2024, dengan target terkumpul 600 juta dollar AS,” ujar Eddi.

Baca juga: Ditjen Pajak: PPN Avtur Bukan Satu-satunya Penyebab Harga Tiket Pesawat Mahal

Eddi mengungkapkan, setelah selesai juga akan ada lagi third close. Dia mengungkapkan dalam first close akan ada 5 anchor investor. Sebagai informasi, Merah putih Fund terdiri dari Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures milik Telkom, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI Modal Ventura.

“Nantinya di third close, baru kita buka seperti yang diminta Pak Menteri BUMN, Erick Thohir untuk swasta dan nasional,” lanjutnya.

Baca juga: Erick Thohir: Nilai Ekonomi Digital Indonesia Terbesar di Asia Tenggara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com