Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesaikan Transaksi Investasi dengan Sinar Mas, Ini yang Bakal Dilakukan DANA

Kompas.com - 25/08/2022, 21:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan dompet digital DANA baru saja merayakan penyelesaian transasksi investasi terbaru dengan Sinar Mas. Dengan kerja sama ini, kedua entitas ini akan mengakselerasikan literasi digital dan inklusi keuangan di Indonesia.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengatakan kolaborasi yang akan dijalankan antara lain di bidang layanan keuangan digital, telekomunikasi, serta properti.

"Dengan teknologi DANA, serta solusi pembayaran yang terintegrasi dan didukung oleh sepak terjang Sinar Mas yang ekstensif di berbagai lini bisnis, kami akan terus meningkatkan dan memperluas layanan keuangan berbasis gaya hidup untuk konsumen, solusi untuk merchant, serta berbagai layanan keuangan melalui kemitraan dengan lembaga keuangan,” kata dia dalam konferensi pers, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Dunia Dibayangi Krisis Pangan, RI Dorong ASEAN Bangun Rantai Pasok Berkelanjutan

Ia menambahkan, DANA tetap berkomitmen menjadi platform ekosistem terbuka sebagai solusi pembayaran dan layanan keuangan berbasis gaya hidup.

Menanggapi hal tersebut, Chief Commercial Officer Smartfren Andrijanto Muljono berharap, dengan terwujudnya ekonomi digital ini, maka akan semakin banyak peluang baru yang terbuka di masyarakat, baik untuk UMKM atau anak-anak muda kreatif yang sangat lihai memanfaatkan teknologi digital.

Director Sinar Mas Multiartha Ferita menjelaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan DANA untuk memberikan layanan melalui produk investasi keuangan seperti reksa dana, obligasi, dan asuransi yang tersedia di dalam ekosistem Sinarmas Financial Service Group.

Baca juga: DPD: Hampir Dipastikan Harga BBM Subsidi Naik dalam Waktu Dekat

Sementara itu, Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani bilang pihaknya akan mengintegrasikan pembayaran digital di township yang sedang dikembangkan.

"Selain itu, kolaborasi ini akan langsung kami implementasikan ke proyek-proyek inovasi yang sedang kami kembangkan di dalam ekosistem Sinar Mas Land," imbuh dia.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land Irawan Harahap menuturkan, Sinar Mas Land tengah mengembangkan ekosistem digital yang terdiri atas akademia, komunitas, startup hingga perusahaan multinasional.

Baca juga: Ini Rincian Dana Pembangunan IKN Nusantara pada 2022

"Semoga kolaborasi ini memberi dampak yang besar di township dan proyek pengembangan Sinar Mas Land," ungkap dia.

Terakhir, Ketua Umum AFTECH Pandu Sjahrir berpesan agar DANA menjaga kepercayaan pengguna.

"Saya pribadi turut senang dengan adanya kontribusi dari para investor baru DANA yang sekaligus mencerminkan telah tumbuhnya pilar-pilar kepercayaan masyarakat," ucap dia.

Asal tahu, pertumbuhan DANA telah mencapai 120 juta pengguna di seluruh Indonesia. DANA telah mengolah rata-rata lebih dari 10 juta transaksi harian.

Baca juga: Menteri ESDM Fokus Tertibkan Perusahaan Tambang yang Terindikasi Kerja Sama dengan Penambang Ilegal

Adapun, beberapa pengembangan fitur terbaru juga telah DANA siapkan hingga akhir tahun 2022 di antaranya memperluas pilihan pembayaran seperti asuransi, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), eSamsat, hingga mitra pembayaran online dan offline.

Dalam waktu dekat, DANA akan meluncurkan Family Account yang ditujukan khusus untuk generasi Z.

Sebagai informasi, berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dikutip Kompas.com pada Rabu (10/8/2022), unit usaha Grup Sinar Mas PT Dian Swastatika Sentosa melalui anak usahanya yakni PT DSST Dana Gemilang, menandatangani perjanjian bersyarat untuk investasi di PT Elang Andalan Nusantara (DANA) pada 28 Februari 2022. Nilai investasinya mencapai 200 juta dollar AS, atau sekitar Rp 2,87 triliun.

Baca juga: Masalah BBM dan Ancaman Stagflasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com