Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekosistem Digital Bank BJB Mulai Terbentuk

Kompas.com - 26/08/2022, 13:31 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini telah terbentuk ekosistem digital PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (Bank BJB) yang diperkirakan akan terus bertumbuh.

Ekosistem ini meliputi pengguna aplikasi DIGI by bank bjb sebanyak lebih dari 849.000 pengguna yang tumbuh hampir 5 kali lipat sejak 2020 hingga kuartal II 2022.

QRIS merchant Bank BJB juga naik hampir 90 kali lipat dari semula 7.458 merchant dan saat ini menjadi lebih dari 655.000 merchant.

Agen Laku Pandai melalui bjb BiSA yang saat ini lebih dari 7.500 agen dan kedepannya akan terus dikembangkan melalui skema kerja sama dengan berbagai pihak.

Baca juga: Soal Investasi GoTo, Wamen BUMN Tekankan Pembangunan Ekosistem Digital

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan, ekosistem digital tersebut menyumbang hampir 40 persen fee base income yang tumbuh 28,8 persen secara year on year.

"Bank BJB akan terus mendorong dan mengoptimalkan ekosistem keuangan yang telah terbentuk hingga menjadi bagian dari kontributor fee based income yang jauh lebih besar di masa depan," kata Widi melalui keterangannya, Jumat (26/8/2022).

Ia menambahkan, di tengah kondisi industri perbankan yang tertekan akibat pandemi, Bank BJB secara konsisten terus mencatatkan kinerja sampai dengan kuartal II tahun 2022 dengan mencetak laba Rp 1,49 triliun.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Ekosistem Digital, Lazada Optimalkan Peran E-commerce

Hal tersebut, katanya, salah satunya karena Bank BJB terus meningkatkan ekosistem yang dimiliki dengan produk dan fitur dan experience yang terus dikembangkan.

Pada Kamis (25/8/2022) Bank BJB meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Best Bank Awards 2022, menyusul secara konsisten terus bertransformasi mengembangkan layanan digital demi pelayanan cepat dan mudah bagi nasabah.

WartaEkonomi.co.id menetapkan Bank BJB sebagai penerima penghargaan Indonesia Best Bank 2022 for The Accelerate Banking Business Transformation (Category KBMI 2, BPD).

"Penghargaan ini akan menambah motivasi untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan terbaik bagi pelanggan melalui inovasi dan digitalisasi," ujar Widi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com