Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Perluas Jargas di Jabar, PGN Gandeng MUJ Targetkan Pemasangan 472.032 SR

Kompas.com - 29/08/2022, 17:55 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selaku sub holding gas Pertamina bersama PT Migas Hulu Jabar (MUJ) berupaya untuk mengembangan jaringan gas (jargas) di Jawa Barat (Jabar).

Upaya tersebut diwujudkan PGN dengan menargetkan pemasangan jargas sebanyak 472.032 sambungan rumah tangga (SR) di wilayah Jabar.

Adapun wilayah Jabar tersebut, di antaranya Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Indramayu, Sukabumi, Bandung, dan Bandung Barat.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menjelaskan bahwa kebutuhan energi gas bumi berdasarkan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Jabar akan meningkat ke depannya.

“Tahun 2025, dibutuhkan sekitar 14,40 million tonne of oil equivalent (MTOE) dan 35,24 MTOE pada 2050,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Datang ke Sijunjung, PGN Siapkan Investasi 40-50 Juta Dollar AS

Untuk menyelesaikan target itu, sebut Faris, dibutuhkan sinergi antara PGN dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Hal ini merupakan salah satu strategi percepatan program gasifikasi untuk mencapai target RUED.

Ia menjelaskan, PGN berencana membangankan jargas rumah tangga di Jabar sebanyak 122.315 SR pada 2022, 117.387 SR pada 2023, dan 117.387 SR di tahun 2024.

Untuk diketahui, kerja sama PGN dan MUJ telah tertuang dalam heads of agreement (HoA) pada Oktober 2022. Perjanjian ini terus ditindaklanjuti hingga mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bentuk upaya pihaknya untuk mencari solusi pemenuhan energi bersih di Jabar.

Ia berharap, MUJ dan PGN bisa menjalankan kerja sama ini dengan mengedepankan layanan publik. Menurutnya, PGN dan MUJ harus memandang program jargas sebagai public service obligation atau kewajiban pelayanan publik.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan Publik, Kemenhub Luncurkan Aplikasi Sipandu

"Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk mencari solusi bersama guna memeratakan kekayaan gas negeri agar dapat digunakan oleh masyarakat lebih luas," imbuh Kang Emil, Selasa (23/8/2022).

Sebagai Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (Adpmet), ia juga meminta rencana strategis disusun dan dipersiapkan dengan matang.

Manfaat jargas untuk Jabar

Pada kesempatan itu, Faris mengungkapkan beberapa manfaat jargas untuk Provinsi Jabar.

Pertama, kata dia, dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing. Pasalnya, pemanfaatan gas bumi diklaim lebih efisien dengan harga yang kompetitif.

“Dengan pemanfaatan energi gas bumi, akan dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan penghematan masyarakat,” ucap Faris.

Baca juga: Realisasi Investasi sebagai Akselerator Pertumbuhan Ekonomi

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com