Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

SUN Energy Kembangkan Inovasi Teknologi Solar PV Roll Up di Kawasan Pertambangan

Kompas.com - 31/08/2022, 08:37 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Pengembang proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), SUN Energy, memperkenalkan proyek PLTS dengan teknologi solar PV Roll Up. Produk yang merupakan inovasi terbaru ini telah diimplementasikan pada kawasan operasional pertambangan, Berau Coal di Suaran, Kalimantan.

Sebagai informasi, PLTS PV Roll Up merupakan panel surya (PV) yang dirakit bersamaan dengan rangka dudukan panel atau mounting untuk mendukung proses pemasangan menjadi lebih mudah.

PLTS PV Roll Up dapat dilipat dan memiliki roda yang bisa dijalankan. Dengan begitu, PLTS dapat dengan mudah dipindahkan ke lokasi lain jika dibutuhkan.

Chief Commercial Officer Sun Energy, Dionpius Jefferson, mengatakan bahwa produk tersebut merupakan inovasi yang dilakukan pihaknya merespons kebutuhan pelanggan.

Sebelumnya, pihaknya menyoroti jumlah penggunaan energi bersih, terutama yang memanfaatkan sistem energi surya, terus menunjukan peningkatan signifikan, baik dari sektor pelanggan residensial, sosial, industri, maupun komersial.

Pada sektor industri dan komersial, tuntutan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) datang dari berbagai pihak, seperti lembaga keuangan, regulator, konsumen, hingga dunia internasional dengan pergeseran pembangunan menuju karbon netral.

Di lokasi pertambangan, pemerintah melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Direktorat Jenderal Minerald dan Batubara (Ditjen Minerba) menerbitkan Peraturan tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara agar tetap eksis dan kompetitif dengan mengedepankan keberlanjutan fungsi lingkungan, sosial masyarakat, dan ekonomi.

Padahal, instalasi EBT, contohnya sistem PLTS sebagai wujud pemanfaatan energi bersih bagi setiap sektor industri masih menemui tantangan.

Beberapa di antaranya, penerapan regulasi, perizinan, ketersediaan lahan, kekuatan struktur bangunan, dan tingkat kesulitan secara teknis terkait keberlangsungan bisnis dari sisi lokasi dan skala perusahaan.

Hadirnya produk PV Roll Up merupakan jawaban atas tantangan tersebut.

Contoh pengaplikasian teknologi solar PV Roll Up di kawasan pertambangan Kalimatan.Dok SUN Energy Contoh pengaplikasian teknologi solar PV Roll Up di kawasan pertambangan Kalimatan.

“Konsumen adalah prioritas utama kami. Oleh karena itu, kami terus mencari solusi dari setiap tantangan apa pun terkait pemanfaatan energi surya di Indonesia,”ujar Dionpius dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (31/8/2022).

Ia meneangkan mengenai teknologi yang sudah diimplementasikan pada wilayah pertambangan di Kalimantan itu.

Pada luasan wilayah 5.935,5 meter persegi yang tersedia di lokasi pemasangan, 1.600 unit modul PV dengan total kapasitas panel surya sebesar 720 kWp kini sudah terpasang. Panel surya mampu memproduksi energi bersih sebesar 1.005 MWh setiap tahunnya.

Angka tersebut, kata dia, dapat mendukung 25 persen kebutuhan dari beban total listrik coal processing plant (CPP) di Berau Coal Suaran.

Ke depannya, Berau Coal dapat memindahkan lokasi PLTS PV Roll Up tersebut apabila keberlangsungan bisnis di masa mendatang membutuhkan hal itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com