Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Penerima Subsidi Gaji Rp 600.000

Kompas.com - 01/09/2022, 16:39 WIB
Mela Arnani,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) terus mengupayakan percepatan penyaluran bantuan subsidi gaji Rp 600.000 atau bantuan subsidi upah (BSU) 2022.

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Negara, Kemenaker tengah memfinalkan segala hal teknis proses penyaluran BSU 2022 agar dapat dicairkan pada September 2022.

"Kemenaker terus menyiapkan dan memfinalkan segala hal teknis untuk proses penyaluran BSU. Kami terus berupaya agar BSU (subsidi gaji Rp 600.000) ini dapat tersalurkan pada September 2022 ini,” ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Subsidi Gaji Rp 600.000 Cair September 2022, Begini Cara Cek Penerimanya

Pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 9,6 triliun untuk BSU 2022, dengan sasaran 16 juta pekerja bergaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan, yang masing-masing akan mendapatkan Rp 600.000.

Penyaluaran BSU akan dilakukan melalui himpunan bank milik negara (himbara) yang meliputi Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan Bank BTN.

Adapun data calon penerima bantuan subsidi upah dikoordinasikan bersama BPJS Ketenagakerjaan.

Firzha Yuni Pemerintah kembali berikan bantuan subsidi upah sebesar Rp 600.000. Bantuan ini diberikan pada pekerja dengan gaji dibawah Rp 3,5 juta per bulan. Menteri Sri Mulyani mengatakan bantuan ini bagian dari bantalan sosial pengalihan subsidi BBM

Baca juga: 400 Perempuan Pelaku UMKM Dapat Bantuan Permodalan

Cara cek calon penerima BSU

Tahun lalu, pemerintah juga memberikan bantuan subsidi upah kepada para pekerja sebagai langkah untuk meringankan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Adapun pengecekan calon penerima bantuan upah saat itu dapat dilakukan melalui laman BPJS Ketenagakerjaan atau Kemenaker.

- BPJS Ketenagakerjaan

Laman BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek penerima BSU 2022BPJS Ketenagakerjaan Laman BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek penerima BSU 2022
Berkaca dari penyaluran BSU tahun sebelumnya, cara mengecek penerima BSU melalui laman BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut:

1. Akses laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.i, dalam halaman awal bagian bawah akan terdapat menu “Cek Status Calon Penerima BSU”

2. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, tanggal lahir, dan verifikasi bukan robot.

3. Setelah itu, klik tombol “Lanjutkan.

4. Keterangan lolos tidaknya verifikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima BSU akan muncul.

Namun hingga Kamis (1/9/2022) pukul 15.30 WIB, pengecekan calon penerima BSU melalui laman BPJS Ketenagakerjaan belum bisa dilakukan.

Terdapat keterangan bahwa laman sedang dalam peningkatan kapasitas sehubungan dengan rencana penyaluran BSU tahun 2022.

Baca juga: BSU 2022 Kapan Cair? Menaker: Tunggu Arahan Menko Perekonomian

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com