Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subholding Gas Pertamina Suplai Gas untuk RU V Balikpapan

Kompas.com - 02/09/2022, 09:10 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertagas Niaga, bagian Subholding Gas Pertamina meneken kerja sama dengan PT Kilang Pertamina Internasional untuk Perjanjian Jual Beli Gas dalam rangka pemenuhan kebutuhan kilang RU V Balikpapan, Kalimantan Selatan pada Rabu (31/08/2022) lalu di Jakarta.

Kerja sama ini, dalam rangka penguatan sinergi dalam lingkungan internal Pertamina yang makin gencar dilakukan antar-Subholding usaha.  

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh President Director Pertagas Niaga, Aminuddin dengan VP Feedstock Management PT Kilang Pertamina Internasional, Sani Dinar Saifuddin dan disaksikan oleh perwakilan PT Pertamina Gas selaku induk usaha PTGN dan PT Patra Logistik selaku patner pengangkutan.

Baca juga: Subholding Gas Pertamina dan Gunvor Teken Kerja Sama Bisnis LNG Global

Suplai gas berbasis LNG

Dalam kerja sama tersebut, Pertagas Niaga akan menyuplai gas yang bersumber dari regasifikasi Liquefied Natural Gas (LNG) untuk keperluan RU V yang diperoleh dari Filling Station LNG di Bontang yang akan diangkut ke Balikpapan.

Pengangkutan LNG ini bekerja sama dengan PT Patra Logistik yang akan secara rutin membawa LNG setara 2 MMSCFD mulai September 2022 selama jangka waktu kontrak satu tahun.

Suplai gas berbasis LNG ini adalah untuk menjembatani kebutuhan gas kilang RU V selama pipa gas Senipah - Balikpapan dalam masa konstruksi.

“Kami senang punya peran dalam mendukung kelancaran operasi RU V Balikpapan dengan suplai gas berbasis LNG. Selain sinergi ini membuktikan kesadaran pemanfaatan gas sebagai energi transisi dapat berguna di berbagai bidang,” ujar Aminuddin melalui keterangannya, Jumat (2/9/2022). 

Baca juga: Targetkan Capai 1 Juta Jargas, Ini Strategi Bisnis dan Pemasaran Subholding Gas Pertamina

RU V Balikpapan sebagai obyek vital nasional

Sementara itu pihak RU V Balikpapan KPI menyatakan kerja sama ini punya kontribusi besar salah satu obyek vital nasional ini.

“Pasokan gas dari Pertagas Niaga ini diharapkan dapat memberikan efisiensi untuk RU V Balikpapan, dan hal ini bentuk sinergi serta sesuai dengan semangat dalam penerapan nilai-nilai AKHLAK,” jelas Sani.

Apresiasi juga disampaikan oleh Subholding Gas Pertamina. “Dari sinergi ini tercipta suatu kolaborasi yang positif menghasilkan suatu nilai tambah atau efisiensi dalam penyediaan pasokan gas untuk pengoperasian kilang,” tambah M. Haryo Yunianto, CEO PGN Subholding Gas Pertamina.

PTGN sejak tahun 2015 telah menjadi pelopor dalam suplai LNG retail di Indonesia yang dimulai di wilayah Kalimantan Selatan.

Saat ini suplai LNG PTGN menyebar hingga Pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi guna mendukung diversifikasi dan pemerataan akses energi dengan total volume suplai 300.000 MMBTU per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com