Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PPN Pastikan Pembangunan IKN Bagian Proyek Strategis Nasional

Kompas.com - 07/09/2022, 21:45 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa mengatakan pembangunan IKN sebenarnya sudah bisa masuk kategori PSN.

"Automaticly itu sudah termasuk proyek besar, internasional. Saya kira tidak harus lagi dirumuskan seperti itu karena hampir semua kegiatan-kegiatan yang ada di IKN itu jadi bagian proyek strategis nasional," katanya ditemui di sela perhelatan G20 Ministerial Development Meeting Side Event, di Belitung, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Alokasi Anggaran 2023 Ditjen Perhubungan Udara Ditambah Rp 176 Miliar, Salah Satunya untuk IKN Nusantara

Menurut Suharso, proyek infrastruktur air, jalan, maupun pembangunan bandara di IKN sudah masuk kategori proyek strategis nasional.

Selain itu, pembangunan IKN tahap pertama masih menggunakan anggaran negara. Adapun pembangunan tersebut ditargetkan rampung pada 2024.

"Kami sekarang membiayainya itu dengan inflantif dengan belanja-belanja kementerian atau lembaga. Nanti mungkin mulai tahun 2024 itu sudah dilakukan oleh otorita itu sendiri," kata Suharso.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, keinginan Jokowi menjadikan IKN sebagai bagian dari PSN dilontarkan saat menggelar rapat terbatas terkait evaluasi PSN.

Baca juga: Pembangunan IKN Dimulai, LKPP: Momentum Wujudkan Pemerataan Ekonomi


Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat terbatas tersebut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/9/2022).

"Bapak Presiden juga mengarahkan agar khusus untuk ibu kota (IKN) juga ditetapkan sebagai proyek PSN karena tentunya ini akan mempermudah dan akselerasi daripada pembangunan ibu kota," ujarnya.

Airlangga melanjutkan, Presiden juga meminta jajaran terkait untuk segera menyelesaikan seluruh PSN sebelum tahun 2024.

Selain itu, menurut Airlangga, Presiden memberikan arahan agar seluruh PSN dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia, khususnya penciptaan lapangan kerja.

Tidak hanya itu, Presiden juga berharap PSN yang ditetapkan pemerintah dapat memberikan efek ganda bagi perekonomian nasional.

Baca juga: Pemerintah Mulai Bangun Infrastruktur IKN Nusantara Tahap I

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com