Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Subsidi dari Pemerintah terhadap Harga Barang dalam Negeri

Kompas.com - 15/09/2022, 18:30 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Siapa tak kenal dengan subsidi. Adanya subsidi dari pemerintah mengakibatkan harga barang dalam negeri menjadi murah atau terjangkau, terutama bagi masyarakat bawah.

Dikutip dari laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS), tujuan pemberian subsidi antara lain menjaga kestabilan harga, menutupi kerugian yang diderita masyarakat, perusahaan, dan lain-lain.

Contoh mudah dari subsidi adalah subsidi bahan bakar dan subsidi pupuk. Subsidi sendiri memiliki beberapa skema dalam penyalurannya.

Dalam subsidi termasuk semua bantuan dalam bentuk uang atau barang yang diberikan pemerintah pada perusahaan swasta maupun perusahaan pemerintah.

Yang dimaksud dengan subsidi dalam bentuk barang adalah subsidi untuk barang-barang yang habis dipakai dalam satu kali proses produksi, sehingga bantuan berupa barang modal dan dalam bentuk uang untuk pembentukan modal tidak termasuk

Mengenal manfaat subsidi adalah yakni adanya subsidi dari pemerintah mengakibatkan harga barang dalam negeri menjadi terjangkau.KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Mengenal manfaat subsidi adalah yakni adanya subsidi dari pemerintah mengakibatkan harga barang dalam negeri menjadi terjangkau.

Kesimpulannya, adanya subsidi dari pemerintah mengakibatkan harga barang dalam negeri menjadi murah atau terjangkau sehingga tujuan ekonominya bisa tercapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com