Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LandX Bersama 4 UKM Bagikan Dividen Rp 1,08 Miliar

Kompas.com - 16/09/2022, 21:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LandX bersama 4 perusahaan UKM membagikan dividen kepada para investor dengan nilai total Rp 1,08 mliar

Perusahaan tersebut diantaranya, PT Rumah Sejahtera Kemilau Investama (JKT006) dengan nilai dividen Rp 92 juta, PT FCP Optima Indonesia (JOG1) Rp 93 juta, PT Gula Garam Asia (HONG) Rp 708 juta, dan PT Okinawa PIM Indonesia (OPIM) Rp 192 juta.

Dengan skema Securities Crowdfunding (SCF) yang merupakan pengembangan skema Equity Crowdfunding (ECF), bursa saham UMKM ini kian diminati para investor.

Hal tersebut terbukti dari jumlah investor PT Gula Garam Asia telah mencapai 1.407 investor, walaupun baru berdiri selama 6 bulan.

Baca juga: Perkuat Industri Nasional, BFI Finance Tawarkan Kemudahan Akses Pembiayaan Alat Berat

Adapun pembagian dividen ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya PT Rumah Sejahtera Kemilau Investama telah membagikan sebanyak 8 kali dari pertama kali mereka melakukan listing di LandX dengan total nilai dividen sebesar Rp 571 juta.

Kondisi ini dinilai menunjukkan nilai perusahaan dan harga saham terus meningkat, mengingat usia perusahaan baru mencapai 1 tahun 6 bulan, dan mereka sudah mampu membagikan dividen lebih dari 2 kali.

“LandX selalu terbuka bagi setiap penerbit yang akan melakukan ekspansi usahanya. Tentu saja, selama tidak ada masalah dalam proses listing sebelumnya dan perusahaan tersebut lolos background checking dari tim kami”, ujar Co-Founder dan COO LandX Aldy Gunawan dalam siaran resminya, Jumat (16/9/2022).

Lebih lanjut Aldy mengatakan, perusahaannya akan berupaya dalam mempertahankan performa penerbit melalui survei lokasi atau cabang secara berkala, konsultasi strategi bisnis dan keuangan dengan penerbit, mengadakan kolaborasi marketing antara LandX dengan penerbit, dan menyediakan fitur kinerja aset sebagai bukti transparansi LandX kepada investor.

Baca juga: Harga BBM Naik, BI Perkirakan Inflasi September 2022 Capai 1,09 Persen

Dengan begitu diharapkan investor dapat selalu melihat dan memantau perkembangan bisnis yang telah dipilih.

Dia menambahkan, LandX ke depannya tidak hanya fokus kepada skema equity financing saja, tetapi juga terbuka bagi perusahaan-perusahaan atau pebisnis yang ingin mengajukan hutang (debt financing).

"Harapannya LandX dapat menjadi jembatan ekonomi agar lebih banyak brand dan bisnis-bisnis yang menarik, profitable, dan sustainable untuk dapat diinvestasikan oleh masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: Pekan Ketiga September, Modal Asing Masuk RI Capai Rp 150 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com