Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvoi 150 Motor Listrik Ramaikan "Car Free Day" Taman Bungkul Surabaya

Kompas.com - 18/09/2022, 17:00 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 150 motor listrik ikut meramaikan Car Free Day (CFD) di Jalan Raya Darmo Surabaya, Minggu (18/9/2022). Aksi konvoi tersebut merupakan kampanye Komunitas Electric Vehicle (EV) agar masyarakat lebih dekat dengan keunggulan motor listrik.

Rombongan jonvoi dilepas dari Kantor PLN Embong Trengguli menuju lokasi CFD di Jalan Raya Darmo tepatnya di seberang Taman Bungkul Surabaya.

Ratusan unit motor listrik tersebut lalu dijajar di sepanjang jalan Raya Darmo yang menyita perhatian warga yang hadir di CFD.

Menurut Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UID Jatim Fintje Lumembang, konvoi motor listrik tersebut merupakan salah satu upaya memperkenalkan motor listrik kepada masyarakat luas.

"Kita ingin kenalkan bahwa motor listrik ini tidak menghasilkan emisi karbon, lebih ramah lingkungan, tidak berisik, dan sejalan dengan program pemerintah yang menuju transisi energi," katanya kepada wartawan, Minggu (18/9/2022). 

Baca juga: PPA Dorong Barata Indonesia Penuhi Kebutuhan Komponen Industri Kendaraan Listrik

Sekaligus juga menjalankan Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 untuk kegiatan mengakselerasi penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbahan Baterai (KBLBB), sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai sebagai kendaraan operasional dan atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Di Jawa Timur menurut dia, juga telah dikeluarkan Edaran Gubernur nomor 671/85/124.3/2022 tentang himbauan pengunaan KBLBB dan kompor induksi di Jawa Timur.

"Ini semakin memperkuat langkah kami untuk mendukung program pemerintah dalam peningkatan efisiensi energi, ketahanan energi dan konservasi energi sektor transportasi dan rumah tangga," ungkap Fintje.

Baca juga: Kendaraan Listrik Jadi Kendaraan Dinas Pemerintah, PLN Siapkan Layanan Home Charging

Selain konvoi motor listrik, acara yang digelar untuk meramaikan Peringatan Hari Pelanggan Nasional itu juga diramaikan dengan demo memasak dengan kompor induksi.

Termasuk promosi produk layanan Iconnet, Listriqu, dan promo layanan yang mendukung electrifying lifestyle seperti Nyaman Kompor Induksi dan Home Charging Services serta ada juga promo mobil listrik dan motor listrik oleh mitra.

"Saat ini pengguna layanan promo tambah daya Nyaman Kompor Induksi di Jawa Timur mencapai 25.752 pelanggan. Sementara pelanggan yang telah memanfaatkan promo home charging services untuk mobil listrik sebanyak 38 pelanggan," terang Fintje. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com