Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KaryaKarsa Kembangkan Kakoin sebagai Metode Pembayaran Digital

Kompas.com - 20/09/2022, 16:03 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu platform storyteller, KaryaKarsa mengembangkan fitur Kakoin untuk mempermudah pembayaran secara digital. Kakoin merupakan aplikasi dompet digital berupa saldo berbentuk koin yang memudahkan pembaca memberikan dukungan kepada storyteller favorit.

Chief Executive Officer KaryaKarsa Ario Tamat mengatakan, dalam pengembangan fitur Kakoin pihaknya juga memastikan keamanan dan kenyamanan para pelanggannya. Sebelumnya para pelanggan Karyakarsa harus berpindah aplikasi dalam memberikan dukungan terhadap penulis. Tapi kini, fitur tersebut ada di dalam aplikasi Karyakarsa.

“KaryaKarsa memahami kesulitan tersebut, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu sampai transaksi berhasil. Dari situ, tercetuslah ide untuk mengembangkan Kakoin sebagai fitur di KaryaKarsa,” ujar Ario dalam siaran pers, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Tingkatkan Literasi dan Inklusi Ekonomi Syariah, ALAMI Luncurkan Fajr Academy untuk

Ario menambahkan, dengan mengembangkan fitur Kakoin, baik pelanggan maupun penulis di Karyakarsa akan lebih mudah untuk saling memberikan dukungan dan menikmati karya tulis yang ada.

“Kakoin juga merupakan salah satu bagian dari proses adaptasi KaryaKarsa dalam menyempurnakan ruang lingkup keuangan di satu platform, sehingga dukungani dari fans dan penghasilan storyteller tetap terjaga,” lanjut Ario.

KaryaKarsa melihat tantangan transaksi dukungan terhadap penulis ini tidak hanya memudahkan, tetapi juga menjamin keamanan. Keuntungan untuk para storyteller satunya adalah, pembelian Kakoin yang biasanya merupakan disposable income.

Kakoin dikembangkan sejalan dengan regulasi di Google Play dan iOS terkait kewajiban aplikasi memiliki metode pembayaran bawaan. Dengan penyesuaian tersebut, saldo Kakoin yang saat ini sudah bisa digunakan di aplikasi dan website KaryaKarsa tidak hanya tercatat dengan rinci, tetapi juga menjamin transparansi hasil dukungan yang didapat oleh storyteller.

Baca juga: Minat Masyarakat ke Produk Investasi Meningkat, Pasar Reksa Dana RI Bakal Terus Berkembang

Khusus untuk storyteller yang telah memasang harga pada karyanya, hasil dukungan Kakoin tetap diterima dalam bentuk rupiah. KaryaKarsa juga menjamin fleksibilitas penggunanya untuk melakukan top up saldo Kakoin tanpa harus pindah metode pembayaran.

Untuk menambah saldo melalui fitur Kakoin, top up Kakoin di aplikasi dapat dilakukan dengan metode pembayaran yang tersedia di Play Store, baik terintegrasi dengan pulsa, e-wallet, maupun rekening kartu debit. Sementara, top up Kakoin di website dapat menggunakan metode pembayaran lainnya yang tersedia di KaryaKarsa.

KaryaKarsa juga melihat potensi besar Kakoin akan menjadi metode pembayaran utama di aplikasi KaryaKarsa. Hal ini diperkuat oleh respon positif pengguna dimana selama sebulan pertama Kakoin menjadi metode pembayaran unggulan di KaryaKarsa dalam dua hari, bahkan saat ini transaksi harian paling banyak menggunakan Kakoin. Ke depannya, KaryaKarsa juga berencana untuk menghadirkan fitur Kakoin bagi pengguna iPhone di iOS.

“Ke depannya setelah merilis fitur Kakoin di website dan pengguna Android di Play Store, kami juga akan merilis fitur Kakoin bagi pengguna iPhone di iOS, sehingga fitur ini dapat kami kembangkan secara menyeluruh dan mempermudah fans baik di dalam maupun luar negeri untuk memberikan dukungan kepada storyteller favoritnya di KaryaKarsa,” kata Ario.

Baca juga: Pengendara Komplain Bayar Tarif Tol Lebih Mahal, JTD Jaya Pratama Akui Ada Kesalahan Sistem

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com