Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Tol Japek II Selatan, Menteri PUPR Minta Segmen Sadang-Kutanagara Tuntas Desember 2022

Kompas.com - 21/09/2022, 10:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, khususnya pada Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 kilometer.

Adapun Jalan Tol Japek II Selatan ini menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road  (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

"Kita akan selesaikan dulu ruas Sadang-Kutanagara 9 kilometer pada Desember 2022 untuk mendukung arus libur Nataru," kata Basuki usai meninjau Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Jalan Tenjo Ayu, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Ada Kereta Cepat dan Tol Japek II, Opsi Perjalanan Jakarta-Bandung Semakin Banyak

Basuki mengatakan, progres pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan ini sudah mencapai 67 persen, sehingga persoalan finansial mestinya tak menjadi halangan penyelesaian pembangunan.

"Kita lihat persoalannya adalah masalah finansial. Saya sudah menghubungi Pak Wamen BUMN untuk bisa mendorong PT. Jasa Marga mempercepat penyelesaian, termin pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen," ujarnya.

Baca juga: Jalur Tol Japek II Selatan Siap Dioperasikan Fungsional, Perhatikan Ketentuannya

Basuki juga meminta PT Waskita Karya (Persero) selaku pelaksana konstruksi dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Tol Japek II Selatan.

Ia mengatakan, Tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan Swasta dengan kerjasama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga dan PT Wiranusantara Bumi. 

"Kita coba untuk bisa selesaikan seluruhnya pada 2024. Untuk Lebaran 2023, kita coba sampai Gate Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gate Jati Asih 2024," ucap dia.


Untuk diketahui, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan membentang sepanjang 64 kilometer dengan biaya investasi sebesar Rp 14,69 Triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

Pembangunan jalan tol ini terbagi dalam 3 seksi yakni seksi 1 Jatiasih - Setu sepanjang 9,3 km, seksi 2 Setu - Taman Mekar sepanjang 24,85 km, dan seksi 3 Taman Mekar - Sadang sepanjang 27,85 km. 

Secara konstruksi, jalan tol ini akan memiliki 7 buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com