Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kementan Optimistis Perbankan Bisa Bantu Percepat Modernisasi Pertanian

Kompas.com - 22/09/2022, 14:55 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.comKementerian Pertanian (Kementan) optimistis bahwa bantuan perbankan bisa mendukung dan mempercepat proses modernisasi pertanian di Tanah Air.

Terlebih, saat ini perbankan telah mendukung program Taksi Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, dukungan yang diberikan perbankan merupakan hal yang positif.

"Petani kini tidak perlu khawatir untuk mendapatkan alsintan. Dukungan dari perbankan ini akan sangat membantu. Kami berharap petani dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata SYL, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana (PSP) Kementan Ali Jamil mengungkapkan, petani harus bisa memanfaatkan bantuan alsintan tersebut.

Baca juga: 21 Poktan di Rote Ndao Terima Alsintan, Kementan Harap Bisa Genjot Produksi

"Untuk petani, khususnya yang tergabung dalam kelompok tani (poktan), dukungan perbankan ini bisa dimaksimalkan untuk menggenjot produksi. Apalagi, proses yang dilakukan melalui poktan jauh lebih mudah," tuturnya.

Namun, Ali mengingatkan petani dan poktan untuk menjaga alsintan yang diberikan.

"Alsintan ini bukan barang murah. Oleh karena itu harus dijaga agar bisa tahan lama dan bermanfaat," pesannya.

Salah satu perbankan yang mendukung program Taksi Alsintan berada di Sumatera Selatan (Sumsel). Pihak bank mengaku siap membantu penyaluran KUR untuk mempercepat mekanisasi dan modernisasi pertanian.

Direktur Pemasaran Bank Sumsel, Babel Antonius Prabowo Argo menyampaikan, jumlah petani yang mengajukan KUR alsintan mencapai 15 debitur.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi mengenai kemudahan dari fasilitas ini. Harapannya, ke depan jumlahnya dapat terus meningkat," katanya.

Baca juga: Optimalkan Produktivitas Pertanian, Pemprov Bangka Belitung Manfaatkan Alsintan

Sebagai informasi, Taksi Alsintan merupakan program yang dirilis Kementan untuk penyediaan alat dan mesin pertanian secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitas KUR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com