Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga: Program Konversi Elpiji ke Kompor Listrik Tidak Diterapkan Tahun Ini

Kompas.com - 23/09/2022, 18:39 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, program konversi kompor elpiji ke kompor listrik untuk rumah tangga miskin tidak akan diterapkan pada tahun ini. Saat ini, yang baru dilakukan pemerintah hanyalah uji coba pada sebagian rumah tangga.

"Dapat dipastikan bahwa program ini belum akan diberlakukan di tahun 2022. Sampai saat ini pembahasan anggaran dengan DPR terkait dengan program tersebut belum dibicarakan dan tentunya belum disetujui," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (23/9/2022).

Ia mengatakan, program konversi ke kompor listrik masih dalam tahap uji coba atau prototype sebanyak 2.000 unit yang dilaksanakan di Bali dan Solo. Adapun pemerintah berencana melakukan uji coba hingga sebanyak 300.000 unit.

Baca juga: Konversi Kompor Elpiji Ke Kompor Listrik, Pengamat: Apa Kabar Program Jargas?

Lantaran masih dalam tahap uji coba terbatas, Airlangga menekankan bahwa pemerintah belum memutuskan program konversi dari kompor elpiji ke kompor listrik diterapkan secara nasional.

"Jadi pemerintah belum memutuskan terkait program konversi kompor elpiji menjadi kompor listrik induksi," kata dia.

Menurutnya, pemerintah akan melakukan evaluasi terhadap uji coba yang sedang dilakukan, serta akan melakukan perbaikan-perbaikan dalam rencana konversi ke kompor listrik induksi. Ia memastikan, pemerintah akan memperhatikan kepentingan masyarakat.

"Pemerintah juga akan menghitung dengan cermat segala biaya dan resiko, memperhatikan kepentingan masyarakat, serta mensosialisasikan kepada masyarakan sebelum program diberlakukan," pungkas Airlangga.

Baca juga: Soal Konversi Kompor Elpiji ke Listrik, Menteri ESDM Tunggu Hasil Uji Coba PLN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com