Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 Oktober PTPN Produksi Minyak Goreng Murah Rp 14.000 Per Liter

Kompas.com - 24/09/2022, 13:18 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) bakal memproduksi minyak goreng (migor) kemasan dengan harga terjangkau Rp 14.000 per liter. Hal ini sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah menstabilkan harga minyak goreng nasional kembali ke level Rp14.000 per liter.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani mengatakan, melalui anak usahanya, PT Industri Nabati Lestari (INL), perseroan akan memproduksi minyak goreng kemasan rakyat dengan merk 'Minyakita' guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan minyak goreng dengan harga yang terjangkau.

"Diharapkan dengan dibuat secara kemasan, selain mempermudah distribusinya, juga menjaga kehigienisan minyak goreng itu sendiri," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Fakta Shell, Raksasa Minyak Dunia yang Asal-usulnya dari Indonesia

Rencananya migor murah tersebut akan diproduksi massal pada 1 Oktober 2022 dengan kapasitas 3 juta liter per bulan. Adapun produk akan diproduksi dengan ukuran kemasan 1 liter.

"Harga per kemasan 1 liternya akan dijual Rp 14.000 dan kita akan distribusikan di Sumatera bagian utara, Jabodetabek, serta Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," kata Abdul Ghani.

Lebih lanjut, dia mengatakan, PTN Group akan terus berupaya menstabilkan harga minyak goreng nasional dengan memaksimalkan proses produksi dan distribusi minyak goreng. Menurutnya, melalui PT INL, saat ini perseroan sudah mendistribusikan sebanyak 208.000 ton minyak goreng.

Produksi minyak nasional tersebut, dilakukan melalui tiga merek dengan segmentasi berbeda, yakni Nusakita, Salvaco, dan kemasan sederhana INL.

Ia pun berharap, langkah-langkah yang dulakukan perseroan bisa berkontribusi menekan tren kenaikan harga minyak goreng, seiring siklus harga komoditas yang melonjak selama pandemi ini.

"Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah dan arahan Menteri BUMN Bapak Erick Thohir, untuk bagaimana PTPN ikut menstabilkan harga minyak goreng di pasar," pungkasnya.

Baca juga: Rusia Kembali Bikin Harga Minyak Dunia Naik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com