Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Isu Pertalite Lebih Boros, Stafsus Erick Thohir: Itu Hoaks

Kompas.com - 26/09/2022, 17:48 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menepis kabar yang menyebutkan bahwa produk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite lebih boros. Menurut Arya hal tersebut tidak benar alias hanya hoaks saja.

“Enggak lah, sama kok kan ada standar-nya (Pertalite), itu kan isu saja (Hoaks),” kata Arya saat ditemui di ICE-BSD Tangerang, Senin (26/9/2022).

Sebelumnya, beredar kabar di sosial media yang menyebut bahwa ada perubahan warna pada Pertalite, sehingga saat digunakan lebih boros. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting sebelumnya menjelaskan, kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah.

Baca juga: Pemerintah Janji Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

“Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal),” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangan tertulis, Rabu (21/9/2022).

Irto mengatakan seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashopsesuai dijamin dengan spesifikasi dan melalui pengawasan kualitas yang ketat. Sedangkan produk BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan, maka tidak akan disalurkan ke masyarakat.

Baca juga: BSU Tahap 3 Hari Ini Cair, Simak Cara Cek Status Penyalurannya


“Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur,” ujar Irto.

Pertamina mengimbau agar konsumen melakukan pembelian BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop, agar produk BBM yang didapatkan terjamin kualitas dan keamanannya. Irto mengimbau agar masyarakat yang mengisi BBM, sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam buku panduan kendaraan bermotor.

“Karena pabrikan telah menyesuaikan bahan bakar yang cocok sesuai jenis kendaraan. Pergantian isi jenis BBM dengan kadar oktan (RON) yang berbeda juga tidak direkomendasikan. Sebaiknya pengendara selalu konsisten dalam memilih bahan bakar yang berkualitas, agar mesin kendaraan selalu awet dan terawat,” kata Irto.

Baca juga: PT KAI Optimistis Kereta Panoramic Meluncur Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com