Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Buat Kartu ASN Virtual secara Online, Klik mysapk.bkn.go.id

Kompas.com - 27/09/2022, 05:15 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyediakan fitur pembuatan kartu aparatur sipil negara (ASN) virtual, yang bisa dilakukan secara online.

Disadur dari informasi resmi, kartu ASN virtual dapat dibuat melalui aplikasi MySAPK maupun laman https://mysapk.bkn.go.id.

Untuk mengakses laman mysapk.bkn.go.id maupun aplikasi MySAPK, dibutuhkan nomor induk pegawai (NIP) dan password.

Baca juga: Tak Ada Pengangkatan Tenaga Honorer, BKN Lakukan Pendataan Non-ASN hingga 31 Oktober

Tampilan laman https://mysapk.bkn.go.id/, portal untuk membuat kartu ASN virtual BKN.https://mysapk.bkn.go.id/ Tampilan laman https://mysapk.bkn.go.id/, portal untuk membuat kartu ASN virtual BKN.
Cara membuat kartu ASN virtual BKN

Pembuatan kartu ASN virtual BKN dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Login ke website https://mysapk.bkn.go.id/ dengan memasukkan NIP dan password, lalu klin “Log In”. Jika melalui aplikasi MySAPK, dapat dilakukan dengan mengarahkan handphone ke kode QR yang tersedia
  2. Setelah berhasil login, pengguna bisa melakukan proses pembuatan kartu ASN virtual dengan memilih menu “Layanan Lainnya”, klik “Kartu ASN Virtual”
  3. Akan muncul halaman submenu Kartu ASN Virtual, pilih update foto pada bagian atas halaman submenu, dan akan tampil halaman ubah foto
  4. Anda dapat memilih foto yang akan ditampilkan di kartu ASN virtual. Foto yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan.
  5. Setelah memastikan foto yang digunakan sesuai ketentuan dan preview kartu ASN yang ditampilkan sudah selesai, klik “Gunakan Foto ini” untuk menyelesaikan proses pembuatan kartu ASN virtual
  6. Selanjutnya, Anda dapat memilih moda potrait maupun landscape untuk tampilan kartu ASN virtual.

Kartu ASN virtual tersebut dapat diunduh dan dicetak pada menu Kartu ASN Virtual, dengan klik “Download” untuk mengunduh halaman depan dan belakang atau klik “Print” untuk mencetaknya.

Baca juga: Cara Daftar Pendataan Tenaga Non-ASN 2022, Klik pendataan-nonasn.bkn.go.id

Sebagai informasi, terdapat QR code yang bisa dipindai (scan) menggunakan handphone pada kartu ASN virtual.

Apabila QR code atau kode barcode tersebut di-scan, akan muncul suatu link. Jika link tersebut dipencet dan memasukkan kode captcha yang tersedia, maka akan muncul informasi pribadi pegawai yang bersangkutan.

 

Baca juga: Pendataan Tenaga Non-ASN 2022, Pahami Syarat, Dokumen, dan Alurnya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com