Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cetak Kartu ASN Virtual BKN secara Online

Kompas.com - 28/09/2022, 20:00 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan fitur yang diperuntukkan bagi para aparatur sipil negara (ASN) untuk membuat kartu ASN virtual secara online.

Disadur dari laman resmi BKN, pencetakan kartu ASN virtual bisa dilakukan melalui aplikasi MySAPK maupun laman https://mysapk.bkn.go.id.

Sebelum melakukan pencetakan, Anda terlebih dahulu harus melakukan pembuatan kartu ASN virtual yang membutuhkan data diri berupa NIP dan password.

Baca juga: Link dan Cara Daftar Pendataan Tenaga Non-ASN BKN 2022

Cara cetak kartu ASN virtual BKN

Setelah menyelesaikan pembuatan kartu ASN virtual, pengguna dapat mengunduh dan mencetak kartu ASN virtual tersebut.

Untuk mengunduh kartu ASN virtual, dapat memilih menu "Download" yang akan menampilkan halaman depan dan belakang kartu, sedangkan pencetakan kartu bisa memilih menu "Print".

Adapun cara pembuatan kartu ASN virtual BKN dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Login ke website https://mysapk.bkn.go.id/ dengan memasukkan NIP dan password. Jika melalui aplikasi MySAPK, dapat dilakukan dengan mengarahkan handphone ke kode QR yang tersedia.

2. Setelah berhasil login, pengguna bisa melakukan proses pembuatan kartu ASN virtual dengan memilih menu “Layanan Lainnya”, klik “Kartu ASN Virtual”.

Di halaman submenu Kartu ASN Virtual, pilih update foto pada bagian atas halaman submenu, dan akan tampil halaman ubah foto.

Baca juga: Tak Ada Pengangkatan Tenaga Honorer, BKN Lakukan Pendataan Non-ASN hingga 31 Oktober

3. Anda dapat memilih foto yang akan ditampilkan di kartu ASN virtual. Foto yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan.

Setelah memastikan foto yang digunakan sesuai ketentuan dan preview kartu ASN yang ditampilkan sudah selesai, klik “Gunakan Foto ini” untuk menyelesaikan proses pembuatan kartu ASN virtual

4. Anda dapat memilih moda potrait maupun landscape untuk tampilan kartu ASN virtual.

Baca juga: Pendataan Tenaga Non-ASN 2022, Pahami Syarat, Dokumen, dan Alurnya...

Dalam kartu ASN virtual ini, terdapat QR code atau kode barcode yang bisa dipindai (scan) menggunakan handphone. Dengan melalukan scan kode barcode, maka akan muncul suatu link.

Jika mengklik link tersebut dan memasukkan kode captcha yang tersedia, maka akan muncul informasi pribadi pegawai yang bersangkutan.

Baca juga: Cara Daftar Akun Pendataan Tenaga non ASN 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com