Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Albania Genjot Kerja Sama Perdagangan hingga Investasi

Kompas.com - 29/09/2022, 07:26 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia akan memperluas kerja sama dengan negara-negara di Eropa Tenggara, salah satunya dengan Albania. Hal ini disampaikan Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta usai melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Albania, di Kantor Perdana Menteri Albania, Tirana, pada 26 September 2022.

Adapun kerja sama tersebut meliputi perdagangan, pariwisata, serta investasi. Termasuk kerja sama terkait energi baru terbarukan (EBT) yang gencar dilakukan oleh Pemerintah RI.

"Dengan bangga kami sampaikan, akan ada rencana penandatangan investasi di sektor renewable energy atau green energy oleh perusahaan Indonesia di Tirana, Albania," kata dia melalui pernyataan tertulisnya, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Stok Menurun, Harga Minyak Mentah Dunia Melonjak

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, kerja sama tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membuka ruang dan peluang baru bagi pasar Indonesia di wilayah Balkan dan sebagai bentuk pengembangan ekonomi di Tanah Air. 

"Kami yakin, investasi tersebut akan banyak mendatangkan sumber daya dari Tanah Air, baik itu dari material sampai ke sumber daya manusia," ucapnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Albania Edi Rama menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan perwakilan Pemerintah RI serta kepercayan Indonesia terhadap Albania.

"Albania akan terus mendukung rencana kerja sama bilateral dengan Indonesia ke depan, khususnya dalam sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi," tuturnya.

Baca juga: Erick Thohir: Pendapatan BUMN Hampir Mirip dengan APBN

Iwan dan Edi sepakat, investasi secara business to business (b to b) yang dilakukan Indonesia diharapkan juga memberikan dampak kekuatan hubungan bilateral antar dua negara

Albania merupakan negara berpenduduk 2,7 juta orang dengan populasi muslim sebesar 56 persen. Albania memiliki garis pantai seluas 450 kilometer antara Laut Adriatic dan Lonian serta Pelabuhan Internasional Durres. 

Albania berpotensi untuk dijadikan hub perdagangan produk Indonesia untuk masuk ke wilayah negara-negara Balkan. Catatan perdagangan Indonesia pada 2021 ke Albania sebesar 10 juta dollar AS.

Baca juga: Pasar Masih Khawatir Resesi Global, Tren Pelemahan IHSG Diproyeksi Berlanjut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com