Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Proses "Quality Control" BBM Pertamina | Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Ditinjau Xi Jinping

Kompas.com - 03/10/2022, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Beredar Isu Kualitas Pertalite Menurun, Begini Proses "Quality Control" BBM Pertamina

Kualitas bahan bakar minyak (BBM) PT Pertamina (Persero) jenis Pertalite dituding menurun oleh sejumlah pihak. Bensin dengan nomor oktan 90 itu diklaim lebih boros semenjak harganya mengalami kenaikan pada 3 September 2022.

Terkait dengan tudingan tersebut, Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga menyatakan, seluruh BBM yang disalurkan kepada masyarakat sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan dan layak dikonsumsi.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan untuk memastikan kualitas BBM, perusahaan memiliki serangkaian proses quality control BBM. Rangkaian proses ini dimulai sejak produk BBM masuk ke tanki timbun di fuel terminal hingga sebelum disalurkan menuju SPBU.

"Proses quality control sebuah produk BBM sebelum bisa dinyatakan layak didistribusikan menuju SPBU ini dimulai dari saat produk tersebut disuplai dari kilang atau impor, saat penyimpanan, hingga sebelum disalurkan ke SPBU," ujar dia dalam keterangannya dikutip Minggu (2/10/2022).

Selengkapnya simak di sini

2. Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Ditinjau Xi Jinping, Bagaimana Progresnya Saat Ini?

Presiden China Xi Jinping bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau langsung proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada November 2022, dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Terkait dengan agenda tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan langsung terhadap proyek yang membentang dari Stasiun Halim-Stasiun Karawang-Stasiun Padalarang-Stasiun dan Depo Tegalluar itu.

Dalam tinjauannya ia melaporkan proyek KCJB saat ini masih dalam tahap pembangunan yang meliputi penataan rel (emplasemen) di stasiun-stasiun antara Padalarang–Bandung, dan penanganan perlintasan sebidang dengan membangun Flyover dan Jembatan Penyeberangan Orang di tiga titik yaitu di Ciroyom, Cimindi dan Pusdikpom, Cimahi.

Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC, progres proyek KCJB hingga saat ini sudah mencapai 86 persen. Ditargetkan proyek dapat dilakukan uji coba pada Maret 2023 dan beroperasi pada bulan Juni 2023.

Baca selengkapnya di sini

3. Cek Rincian Tarif Listrik Oktober-Desember 2022

PT PLN (Persero) memastikan tarif listrik pada Oktober-Desember 2022 tetap sama dengan tarif tenaga listrik Juli-September 2022.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan keputusan ini diambil pemerintah demi menjaga daya beli masyarakat, daya saing sektor industri dan bisnis, mengendalikan inflasi, serta memperkuat stabilitas perekonomian nasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com