Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Pendanaan "Startup", MCI Luncurkan Program Xponent

Kompas.com - 04/10/2022, 16:06 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan venture capital, PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) yang merupakan anak perusahaan dari PT Bank Mandiri Persero Tbk meluncurkan program Xponent sebagai bentuk dukungan dalam penguatan inovasi di Mandiri Group.

Direktur Investasi MCI Dennis Pratistha mengatakan, program Xponent akan menjadi wadah bagi startup untuk bersinergi dengan ekosistem yang ada di Mandiri Group.

Program Xponent sendiri berisikan panel session dan business matching. Program ini merupakan upaya Mandiri Capital Indonesia (MCI) untuk mempertemukan startup dengan beberapa unit bisnis dan perusahaan anak dari Mandiri Group.

Baca juga: Tren Startup Gabungkan E-commerce dan Online Travel Agent, Apa Manfaatnya?

Tujuannya agar startup dan Mandiri Group dapat saling berkolaborasi dan bersinergi.

“MCI akan rutin melaksanakan Program Xponent secara berkala. Dengan ini, harapannya terjalin kerja sama yang saling menguntungkan antara startup dengan Mandiri Group, serta menjadi value creation bagi seluruh stakeholders,” ungkap dia dalam keterangan pers, Selasa (4/10/2022).

Dennis menjelaskan, saat ini MCI sudah terlibat dalam pendanaan kepada 22 startups yang bergerak di berbagai bidang.

MCI juga berperan membangun business traction kepada portfolio, maupun non-portfolio melalui sinergi.

Baca juga: Jokowi Ungkap Penyebab 90 Persen Startup Gagal Berkembang

Sinergi MCI dan Bank Mandiri

Terdapat beberapa sinergi dengan Bank Mandiri yang sudah MCI jembatani seperti loan channeling dengan Crowde menyasar toko tani.

Kemudian, ada pula kerja sama untuk loan channeling dengan Amartha sebagai bentuk market expansion Bank Mandiri kepada womenpreneurs di kota-kota tier 2 dan 3.

Selain itu, terdapat kerja sama invoice financing bersama Investree kepada pelaku segmen bisnis dan small medium enterprises (SME).

Di luar kerja sama tersebut, MCI turut mendorong inisiatif Livin’ by Mandiri melalui kerja sama dengan Ayo Connect sebagai business alliance dan switcher serta berkontribusi untuk Kopra by Mandiri. Hal tersebut dilakukan melalui order management system dari iSeller bagi nasabah wholesale Bank Mandiri.

Baca juga: Bank Mandiri Ingin Punya Bank Digital, Kaji Pemisahan Usaha Livin by Mandiri

 


Sementara, Direktur Keuangan MCI Rino Bernando menjelaskan, MCI sudah memberikan synergy value yang signifikan kepada Mandiri Group dan startups.

"Kami harapkan MCI Xponent dapat menjadi penguatan dan akselerasi sinergi yang telah berjalan selama ini, serta mendukung akselerasi transformasi ekonomi digital bangsa," imbuh dia.

Baca juga: Ekonomi Digital RI 2030 Diramal Capai Rp 4.531 Triliun, Jokowi: Ada Peluang Besar Pengembangan Startup Pangan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com