Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Infrastruktur Swasta Ini Bakal Akuisisi 40 Persen Saham Tol Layang MBZ

Kompas.com - 07/10/2022, 19:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten infrastruktur swasta, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), akan mengambil alih 40 persen kepemilikan saham pengelola ruas tol layang Jakarta-Cikampek atau jalan tol layang Mohamed Bin Zayed (MBZ).

Aksi korporasi yang akan dilakukan oleh anak usaha, PT Marga Utama Nusantara (MUN), itu telah disetujui oleh para pemegang saham Nusantara Infrastructure, dalam gelaran Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Baca juga: Fakta Banjir Tol BSD Km 8, gara-gara Sungai Menyempit hingga Ditargetkan Bebas dari Banjir 2023

Direktur Utama Nusantara Infrastructure Ramdani Basri mengatakan, akusisi tersebut merupakan salah satu strategi bisnis perusahaan untuk memperkuat portofolio di sektor jalan tol.

"Langkah ini tentunya juga sejalan dengan program Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan infrastruktur wilayah berkelanjutan, dengan turut serta dalam menciptakan konektivitas antar-wilayah," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Lebih lanjut Ia bilang, saham sebesar 40 persen yang rencananya akan diakuisisi tersebut, nilainya setara dengan Rp 4,38 triliun, di mana perseroan berkomtmen untuk selalu menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap aksi korporasi yang dilakukan.

Baca juga: Penjelasan PUPR dan Pengelola soal Tarif Tol BSD Tidak Digratiskan meski Banjir

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol layang MBZ merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia dan menjadi jalan tol bertingkat (double decker motorway) yang pertama di Indonesia karena dibangun di atas ruas tol Jakarta-Cikampek.

"Kami menilai Jalan Tol layang MBZ merupakan proyek strategis dengan prospek lalu lintas yang padat, sehingga sesuai dengan target investasi perseroan dan diharapkan dapat berkontribusi positif bagi kinerja keuangan di masa mendatang," tutur Ramdani.

Baca juga: Anak Usaha Waskita Jual Saham Tol Semarang-Batang Rp 3,8 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com