Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Ingin Pertashop Bisa Menjangkau ke Nelayan

Kompas.com - 10/10/2022, 19:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong kemudahan nelayan memperoleh Bahan Bakar Minyak, melalui salah satu program PT Pertamina (Persero), Pertashop.

Pertashop merupakan outlet milik Pertamina, yang menjual BBM dalam skala kecil dan umumnya ada di daerah dengan lokasi yang jauh ke SPBU. Erick Thohir ingin agar Pertashop disinergikan dengan program Solusi Nelayan.

“Kebetulan Pertamina punya program Pertashop yang hari ini masuk ke desa-desa. Nah, saya sedang berpikir bisa enggak, Pertashop ini masuk ke nelayan,” kata Erick, mengutip Instagram @erickthohir, Senin (10/10/2022).

Baca juga: Erick Thohir: Penugasan-penugasan di BUMN itu Tends to Corrupt...

Erick Thohir menjelaskan dihadapan para nelayan, untuk mendorong penyaluran BBM tepat sasaran, penyaluran BBM kepada nelayan harus diberikan melalui koperasi. Nantinya, koperasi akan menjual dengan harga yang sama.

“Bagaimana supaya sekarang, BBM tepat sasaran. Jadi, Pertamina langsung ke koperasi, dan koperasi menjual ke nelayan dengan harga yang sama dengan orang lain beli, bukan harga lebih mahal,” lanjutnya.

Erick menilai dengan solusi tersebut, maka pemerintah hadir untuk membantu nelayan, baik mendukung operasional, maupun usaha nelayan. Pun demikian pabrik es untuk memudahkan penyimpanan tangkapan-tangkapan nelayan.

Baca juga: Erick Thohir Ajak Produsen Kendaraan Listrik Inggris Bangun Pabrik Mikro Baterai di Indonesia

“Itu namanya solusi nelayan. Nanti kita mencoba membuat pabrik es, dan ada sistem penyimpanan yang benar, lalu dibeli hasilnya,” lanjut mantan Presiden Inter Milan itu.

Untuk memastikan program pemerintah berjalan, Erick akan melakukan kunjungan secara rutin. Erick ingin, program yang sudah diberikan berjalan dan memberikan manfaat kepada para penerimanya, utamanya nelayan.

“Saya sudah datang 3 kali kesini untuk memastikan program yang dijanjikan pemerintah terus berjalan. 3-4 bulan lagi saya ke sini lagi mengecek, supaya ini bukan hanya omong-omong doang,” tegas dia.

“Program Solusi Nelayan artinya Subsidi BBM untuk Koperasi Nelayan. Saya berharap nantinya solusi ini bisa diperluas, dan nelayan bisa memiliki tempat penyimpanan yang layak dan hasil tangkapannya dijamin ada yang membeli,” tegas Erick Thohir.

Baca juga: Cara Daftar Pertashop Pertamina 2022 serta Syarat dan Modalnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com