Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pendaftar Haji Bank Muamalat Tumbuh 50 Persen Per September 2022

Kompas.com - 10/10/2022, 21:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatat pertumbuhan jumlah pendaftar haji per September 2022 sebesar 50 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana mengatakan, capaian ini jauh di atas pertumbuhan jumlah pendaftar haji industri perbankan nasional yang sebesar 22 persen yoy.

Dengan demikian, Bank Muamalat kini menguasai 42 persen pangsa pasar haji plus dan 14 persen haji reguler di Indonesia.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Haji Reguler Lengkap dengan Biayanya

Realisasi pertumbuhan jemaah haji ini seiring dengan semakin mudahnya nasabah mengakses layanan haji di Bank Muamalat hanya dengan menggunakan aplikasi mobile banking Muamalat Digital Islamic Network (DIN).

Fitur yang ada di aplikasi DIN tersebut berupa Pembukaan Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) dan Pembayaran Setoran Awal Porsi Haji.

"Inovasi ini memudahkan calon jemaah haji di Tanah Air untuk melakukan pendaftaran haji tanpa harus datang langsung ke kantor cabang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (10/10/2022).

Menurutnya, digitalisasi adalah kunci dari penyelenggaraan ibadah haji yang efektif dan efisien.

Oleh karena itu sebagai bank yang dimiliki oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Bank Muamalat terus berinovasi khususnya dalam hal digitalisasi pendaftaran haji.

Baca juga: Bidik Milenial, Bank Muamalat Luncurkan Fitur Daftar Haji di Mobile Banking

Permana optimistis calon jemaah haji Indonesia yang menggunakan fitur pendaftaran haji secara daring ini akan terus bertumbuh karena sesuai dengan kebutuhan di era digital.

Bank Muamalat juga akan terus memberikan edukasi kepada anak muda untuk mempersiapkan ibadah haji secara optimal dan terencana sejak dini.

Sebagai informasi, Bank Muamalat dan BPKH hari ini menerima kunjungan dari National Hajj Commission of Nigeria pada Senin, 10 Oktober 2022 di Muamalat Tower, Jakarta Selatan.

Delegasi yang dipimpin oleh Alhaji Zikrullah Kunie Hassan ini berkunjung ke Indonesia dalam rangka mempelajari tata kelola keuangan dan penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia, sekaligus menghadiri Konferensi Haji Internasional sebagai rangkaian kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

Baca juga: Apa Itu Haji Furoda dan Kenapa Biayanya Tembus Rp 300 Juta?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com