Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI: Kinerja IHSG Terbaik Kelima di Dunia

Kompas.com - 12/10/2022, 20:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut kinerja pasar modal Indonesia jadi yang terbaik kelima di dunia. Ini terefleksikan dari pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara tahunan (year on year/yoy).

Indeks saham nasional sebenarnya tengah tertekan selama beberapa pekan terakhir. Namun demikian, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan, sampai dengan 11 Oktober 2022, IHSG sudah tumbuh sekitar 6 persen secara tahunan.

"Itu merupakan bursa terbaik kelima di dunia," kata dia di Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Karyawannya Pukul Pramugara Turkish Airlines, Lion Air: Itu Tanggung Jawab Pribadi

Selain itu, ia juga mengungkapkan tidak ada sampai 10 bursa di dunia ini yang bisa mencatatkan pertumbuhan positif. Menurutnya, ini juga menandakan kinerja positif pasar modal nasional.

Pertumbuhan indeks saham nasional juga diikuti oleh peningkatan transaksi harian. BEI mencatat rata-rata nilai transaksi harian mencapai sekitar Rp 15 triliun, meningkat sekitar 14,4 persen secara tahunan dari Rp 13 triliun.

"Volume frekuensi juga tumbuh sekitar 18 persen," ujar Jeffrey.

Baca juga: BUMN Gelar Pelatihan untuk Bantu Sertifikasi Guru


Lebih lanjut Ia bilang, jumlah investor ritel pun turut tumbuh mendekati 30 persen. Ini dinilai menunjukan optimisme masyarakat terhadap kondisi pasar modal Tanah Air.

"Optimisme pasar kita sangat optimis, paling tidak sepanjang tahun ini. Tantangannya adalah bagaimana optimisme ini kita jaga bersama," ucapnya.

Baca juga: Minat Bangun SPKLU, Berapa Biayanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com