Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 18/10/2022, 17:35 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot ditutup menguat pada sesi perdagangan Selasa (18/10/2022) hari ini. Apresiasi ini selaras dengan merosotnya indeks dollar AS.

Melansir data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup pada level Rp 15.464 per dollar AS, menguat 0,16 persen. Sejak pembukaan perdagangan, mata uang Garuda bergerak di zona positif.

Jika mengacu kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jisdor, nilai tukar rupiah juga terapresiasi. Pada sesi perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah Jisdor berada pada level Rp 15.469 per dollar AS, lebih rendah dari perdagangan sebelumnya sebesar Rp 15.480 per dollar AS.

Baca juga: Dibuka Menguat, Nilai Tukar Rupiah Masih Dekati Rp 15.500 per Dollar AS

Seiring dengan apresiasi itu, indeks dollar AS bergerak fluktuatif cenderung melemah. Mengacu kepada data Investing, indeks dollar AS berada pada kisaran 111,80.

"Dollar AS merosot terhadap sekeranjang mata uang utama," ujar Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, dalam risetnya Selasa.

Menurutnya, pelemahan indeks dollar AS tidak terlepas dari penunjukan menteri keuangan Inggris, Jeremy Hunt. Rencana Hunt untuk melakukan perombakan terhadap anggaran mini Inggris dinilai mampu mendongkrak kembali poundsterling, yang selama beberapa pekan terakhir tertekan.

"Sentimen risiko juga membaik setelah Bank of America melaporkan penurunan laba kuartalan yang lebih kecil dari perkiraan," kata Ibrahim.

Baca juga: Nilai Tukar Rupiah Melemah, Ini Kata BPS

Dari dalam negeri, data neraca dagang RI yang masih positif mendukung pergerakan nilai tukar rupiah. Suprlus neraca dagang RI sebesar 4,99 miliar dollar AS pada September 2022, dinilai menunjukan kinerja ekonomi nasional yang terjaga.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) melaporkan, utang luar negeri (ULN) Indonesia kembali menurun pada akhir Agustus 2022. Posisi ULN Indonesia tercatat sebesar 397,4 miliar dollar AS, turun 2,8 miliar dollar AS dibandingkan posisi bulan sebelumnya.

"Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah," ucap Ibrahim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com