Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahlil Jajal Bus Listrik untuk KTT G20 di Bali

Kompas.com - 21/10/2022, 20:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menjajal bus listrik yang akan digunakan saat KTT G20 Bali.

Bahlil mengendarai bus tersebut dan mengunggah momen itu ke akun Instagram pribadinya @bahlillahadalia, Jumat (21/10/2022). Bus itu telah menggunakan bahan bakar listrik.

"Tadi setelah melaksanakan sholat Jumat, saya mencoba mengendarai bus listrik yang baru datang di kantor @bkpm_id bersama Sekretaris Kementerian Investasi Pak @ikmal.lukman," tulisnya dalam unggahan di akun Intagramnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bahlil Lahadalia (@bahlillahadalia)

Baca juga: Ajak Pelaku UMKM Urus Izin Usaha melalui OSS, Bahlil: Gratis, Tak Perlu Ketemu Petugas

Bahlil menjelaskan, bus listrik yang dia kendarai tersebut merupakan ciptaan dari perusahaan teknologi asal Taiwan, Foxconn.

"Bus listrik dari Foxconn ini nantinya akan digunakan sebagai kendaraan resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali bulan November mendatang," ujarnya.

Presidensi G20, kata Bahlil, menjadi momentum komitmen pemerintah dalam merealisasikan ekosistem kendaraan listrik serta mengakselerasi tercapainya target netral karbon pada tahun 2060.

"Kita harus sudah siap dengan transisi energi untuk menuju Indonesia yang lebih hijau," ucap dia.

Baca juga: Ojek Motor Listrik Jadi Angkutan Pengumpan di Kawasan KTT G20


Selain bus listrik, layanan ojek motor listrik juga disediakan secara gratis sebagai angkutan pengumpan (shuttle) untuk memperlancar mobilitas para delegasi, panitia, serta peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di dalam kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali.

Hal ini ditandai dengan diresmikannya Shuttle Motor Listrik oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bali pada Rabu (19/10/2022). Adapun shuttle motor listrik ini diinisiasi oleh Electrum, perusahaan bersama yang didirikan Gojek (bagian dari Grup GoTo) dan TBS Energi Utama.

Baca juga: Bahlil ke Mahasiswa: Silakan Tanya dan Debat Saya Sekeras-kerasnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com