Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Dorong Pelaku UMKM Optimalkan Platform Digital

Kompas.com - 23/10/2022, 17:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, saat ini penting untuk mendorong penetrasi para pelaku UMKM dalam mengoptimalkan platform digital.

Hal tersebut dikatakan saat menghadiri acara pelatihan Pengolahan Buah Manggis dan Strategi Pemasaran Digital Marketing dalam meningkatkan kreatifitas para UMKM yang di selenggarakan oleh Gemawira Purwakarta di Gedung Creative Center, Purwakarta, Jawa Barat.

Pada pelatihan tersebut, Sandiaga Uno bilang, saat ini UMKM juga telah dimudahkan dengan platform E Catalog dan E Commerce. Dengan begitu, hal tersebut tidak akan mengganggu kegiatan ibu-ibu atau emak-emak di rumah.

Baca juga: Potensi Resesi 2023, Sandiaga Bakal Jaga Daya Beli hingga Bantu Pemerataan Modal Pelaku Ekraf

"Disini kita memberikan pelatihan tentang digital marketing, bagaimana menjual di era digitalisasi melalui pendekatan kemasan maupun juga pola-pola konten kreatif yang diminati oleh pasar. Saat ini dimudahkan dengan konsep produk yang masuk kedalam E Catalog, produk ibu-ibu bisa di onboard kedalam platform e-commerce jadi jangan khawatir tidak harus di cek setiap hari, produknya aman," kata dia dalam keterangan pers, dikutip Minggu (23/10/2022).

Namun demikian, keterbatasan kemampuan digitalisasi dan pembiayaan menjadi sebuah tantangan bagi pelaku bisnis.

Untuk itu, Sandiaga memberikan solusi dengan menawarkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Purwakarta.

Dia berharap, kegiatan pelatihan terus dilakukan demi terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya digitalisasi marketing.

Baca juga: Ada Ancaman Resesi Global, Sandiaga Ungkap Banyak Investor Galau

"Pelatihan ini jangan berhenti, harus terus diberikan inovasi dan kemampuan beradaptasi untuk menghadapi potensi resesi, kedua pasarannya harus dibantu, dan ketiga pembiayaan, saya menawarkan program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) ke Ibu Bupati, nanti akan kita bungkus mulai dari pelatihan pendampingan, perizinan, sampai kepada pembiayaan itu disediakan dalam satu siklus," kata Sandiaga.

Dalam pelatihan yang dihadirinya, Sandiaga juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan melambat atau yang disebut dengan resesi global. Namun, ia memotivasi para pelaku UMKM untuk tidak khawatir dan optimis menghadapi kondisi yang akan terjadi.

Siti Masitoh, salah satu peserta mengungkapkan dengan adanya pelatihan tersebut dirinya menjadi lebih terbuka dalam dunia marketing digital dan kolaborasi produk.

Dirinya mengaku jika pelatihan tersebut diselenggarakan kembali, maka ia akan mengikuti untuk meningkatkan produknya agar lebih dikenal masyarakat luas.

"Untuk emak-emak seperti saya ini banyak yang gapaham teknologi, tapi dari pelatihan ini lama-lama makin memahami, jadi produk saya bisa lebih dikenal. Pelatihan terus diadakan jangan sampai stop di sini, jadi UMKM Purwakarta bisa semakin maju bisa mencapai keluar kota sekaligus keluar negeri," tandas Siti.

Baca juga: Sandiaga Uno: Digitalisasi Bisa Tingkatkan Ekonomi Pelaku UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com