Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Bermasalah Saat Terbang, Lion Air: Pesawat Kembali ke Bandara Soetta, Mendarat dengan Normal

Kompas.com - 27/10/2022, 05:05 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, operasional penerbangan pesawat JT-330 rute Jakarta-Palembang sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Hal itu disampaikannya terkait mesin pesawat yang diduga terbakar sehingga harus kembali ke Bandara Soekarno-Hatta setelah beberapa saat tinggal landas.

Danang mengatakan, pesawat JT-330 ini lepas landas pada pukul 17.13 WIB dan fase mengudara berjalan dengan normal.

Namun, pilot pesawat mulai merasakan masalah pada salah satu mesin saat ketinggian jelajah 3.000 kaki.

Baca juga: Mesin Pesawat Diduga Terbakar Saat Terbang, Ini Penjelasan Lion Air

"Fase mengudara berjalan normal. Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," kata Danang dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022).

Danang mengatakan, pesawat JT-330 yang membawa 6 kru dan 169 penumpang ini memutuskan untuk kembali ke bandara asal (return to base) yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk melakukan pengecekan.

Ia mengatakan, pesawat mendarat secara normal dan proses penumpang keluar dari pesawat (disembark) dilakukan secara normal serta diarahkan untuk menuju ruang tunggu.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul," ujarnya.

Lebih lanjut, Danang mengatakan, sudah memberikan informasi kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain.

"Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB," ucap dia.

Baca juga: Cek Harga dan Aturan Bagasi Lion Air 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com