Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Mohamad Aprindy, Baru 3 Bulan Dilantik Anies, tapi Dicopot Heru

Kompas.com - 27/10/2022, 11:55 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melalui Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) mencopot Mohamad Aprindy dari posisinya sebagai Direktur Utama MRT Jakarta yang baru ia jabat selama tiga bulan (Dirut MRT dicopot).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BP BUMD Fitria Rahadiani mengatakan, penggantian dilakukan untuk kepentingan pembangunan MRT Jakarta yang merupakan hal yang strategis.

Menurut Fitria, ada tantangan besar terkait pendanaan bagi pembangunan jaringan angkutan umum perkotaan berbasis rel tersebut.

”Untuk itu diperlukan upaya yang semakin intensif untuk berkoordinasi dengan stakeholders terkait dalam rangka pemenuhan pendanaan khususnya pembiayaan fase 2 dan fase berikutnya dalam waktu dekat,” kata Fitria dikutip dari Kompas TV, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Beroperasi Juni 2023, Ini Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Salah satu langkah yang dilakukan BP BUMD adalah melakukan penyegaran di jajaran direksi PT MRT Jakarta. Selain mengganti Dirutnya, BP BUMD juga merombak jajaran komisaris PT MRT Jakarta.

Profil Mohamad Aprindy

Mohamad Aprindy sendiri adalah Dirut MRT yang dipilih di era Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Rapat umum pemegang saham sirkuler pada 22 Juli 2022. Artinya, ia baru menjabat Dirut MRT selama 3 bulan. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Mohamad Aprindy sebelumnya malang melintang di konstruksi pelat merah. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Strategi Korporasi dan Human Capital Management PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Catatan lainnya, Mohamad Aprindy juga pernah menjabat sebagai Direktur Gedung PT PP, Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT PP.

Baca juga: Profil Komisaris Pelni Kristia Budiyarto yang Plesetkan Khilafah

Jabatan lainnya di BUMN karya PT PP Urban dan PP Energi sebagai komisaris perusahaan. Sosoknya juga sempat mengisi posisi Komisaris PT Widodo Makmur Unggas Tbk, sebuah perusahaan agro yang sahamnya terafiliasi dengan mantan Dirut PT PP, Tumiyana.

Mohamad Aprindy mulai masuk ke lingkaran BUMD milik Pemprov DKI Jakarta setelah ditarik menjadi Direktur Teknik dan Pengembangan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Sebagai direksi Jakpro, perannya sangat signifikan untuk mendukung proyek-proyek strategis yang digagas Pemprov DKI Jakarta.

Beberapa proyek besar yang digarap Jakpro adalah sebagai BUMD yang ditunjuk Pemprov DKI Jakarta untuk menyukseskan terselenggaranya ajang balap Formula E di era Anies Baswedan.

Selain balapan Formula E, proyek lain yang digencarkan Jakpro adalah pembangunan Stadion Jakarta International Stadium (JIS).

Baca juga: 3 Konglomerat Paling Berduit berkat Jualan Obat

Selain mengganti Dirut MRT yang baru menjabat tiga bulan saat diangkat Anies Juli lalu, Heru juga mengangkat kembali mantan Dirut MRT Jakarta yang dicopot Anies, William Sabandar, menjadi jajaran komisaris di PT MRT Jakarta.

Anies pada Juli 2022 lalu, sempat menggantikan posisi Dirut MRT Jakarta yang masih dijabat William Sabandar oleh M Aprindy.

Namun demikian, tiga bulan berselang, saat Heru resmi menjabat Pj atas penunjukkan Presiden Jokowi, William diangkat kembali oleh Heru menjadi komisaris.

Saat ini, MRT tengah memperluas jaringan kereta api perkotaan dan mendorong pembangunan fase 3 koridor Timur-Barat (Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat).

MRT Jakarta juga mengejar pengerjaan fase 4 MRT koridor Fatmawati-TMII. Proses studi kelayakan sudah selesai dan tengah mencari investor yang berminat mendanai pembangunan fase 4.

Selain itu, MRT memastikan Koridor Timur-Barat atau East-West Line segmen 1 fase DKI Jakarta bisa mulai dibangun pada 2023. Target itu diungkapkan setelah Pemerintah Jepang menyatakan komitmen untuk mendanai segmen 1 fase DKI Jakarta.

Baca juga: Profil Emir Moeis, Mantan Koruptor yang Jadi Komisaris Anak BUMN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com