Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: Keberadaan BUMN Mendorong Perbaikan Ekosistem Bursa

Kompas.com - 27/10/2022, 21:02 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN dinilai memberi kontribusi positif atas perkembangan pasar modal di Indonesia. Hal ini membuat Kementerian BUMN memperoleh penghargaan Certified Securities Analyst (CSA) Awards 2022.

Atas pencapaian itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, perusahaan BUMN memiliki kontribusi yang besar di pasar modal. Ada tiga dari lima emiten terbesar nasional di pasar modal yang merupakan BUMN, yakni PT BRI (Persero) (BBRI), PT Telkom Indonesia (TLKM), dan PT Bank Mandiri (BMRI).

“Total terdapat 36 BUMN dan Entitas BUMN dalam Pasar Modal Indonesia. Peran BUMN di bursa baik. BUMN menyumbang sumbangsihnya 23 persen dari bursa. Artinya kinerja BUMN dengan transformasi yang sudah didorong, apa itu lewat perbaikan dari manajemen atau adaptasi business model itu menjadi kekuatan," ujar Erick dalam siaran pers, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Melesat 42 Persen, BSI Bukukan Laba Bersih Rp 3,21 Triliun Pada Kuartal III 2022

Erick mengatakan, BUMN dan pasar modal sama-sama saling mendukung dalam perbaikan dan penguatan kinerja ekonomi secara umum. Mantan Presiden Inter Milan ini mengatakan, BUMN tidak sendiri, namun dengan pihak swasta membentuk ekosistem yang berkolaborasi dengan sehat.

Di sisi lain keberadaan pasar modal sebagai pengawas bagi kinerja masing-masing BUMN, mendorong perbaikan kinerja perusahaan BUMN, dengan adanya transparansi kinerja ke publik.

"Sama dengan keberadaan BUMN di bursa itu mendorong perbaikan ekosistem di bursa. Bursa semakin tumbuh, perusahaan sehat, dan BUMN diuntungkan dengan adanya check and balance karena dipantau secara publik. Jadi terbuka. Karena kita mau mendorong BUMN yang sehat," ujar Erick.

Baca juga: BFI Finance Catat Laba Setelah Pajak Rp 1,3 Triliun hingga Kuartal III-2022

Menurut Erick, kinerja baik dari BUMN yang mampu berkontribusi secara signifikan terhadap pasar tak terlepas transformasi BUMN.

"Secara menyeluruh, transformasi BUMN melalui lima pilar utama dan core value AKHLAK telah membuahkan hasil yang juga ditunjukkan dari peningkatan kinerja keuangan," ujar Erick.

Erick juga mengatakan, dengan transformasi BUMN, sejumlah Emiten BUMN menunjukkan pertumbuhan market cap yang cemerlang, seperti BSI, Antam, Bukit Asam, dan juga BRI.

Baca juga: Bentuk-Bentuk Badan Usaha di Indonesia, Apa Saja?

"BUMN juga dapat memberikan return di atas kinerja pasar secara jangka panjang,” lanjut dia.

Ke depan, untuk menopang pengembangan Ekonomi Indonesia 2045, terdapat 4 sektor unggulan yang menjadi fokus kami di BUMN, yaitu hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA), ekonomi digital, ketahanan pangan, dan ekonomi kreatif.

Erick berharap Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), Certified Securities Analyst (CSA) Community, beserta seluruh Stakeholders dapat senantiasa produktif dan menyediakan analisis terbaik yang dapat mendorong kemajuan serta kemampuan masyarakat dalam berinvestasi.

Baca juga: Rekrutmen PPPK Segera Dibuka, Ini Tahapannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com