Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Persen Produk Tinta Printer Dipalsukan, Epson Ingatkan Dampak dan Risikonya

Kompas.com - 28/10/2022, 10:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Epson Indonesia menyebut saat ini terdapat 30 persen produk tinda keluaran perusahaan yang beredar di pasaran adalah palsu. Untuk itu, masyarakat perlu berhati-hati, mengingat ada dampak penggunaan dari produk tinta palsu.

"Untuk itu kita semua harus waspada terhadap peredaran tinta palsu, karena saat ini diperkirakan sudah mencapai angka 30 persen," kata Sr Manager Product Marketing Printer & Business Development PT Epson Indonesia Syahrizal Aprianto, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (28/10/2022).

Syahrizal mengatakan, untuk memastikan produk tinta original keluara Epson, pengguna dapat membuktikannya melalui aplikasi Epson Genuine yang dapat diunduh melalui Play Store maupun App store smartphone. Pada aplikasi Epson Genuine pengguna dapat melakukan scan barcode pada dus tinta sehingga pengguna dapat mengetahui keaslian tinta secara mudah.

“Pada aplikasi akan muncul symbol setelah pengguna melakukan scan barcode, jika produk tinta sudah pernah dilakukan scan sebanyak dua kali maka akan muncul simbol kuning dan jika QR Code yang terdapat dalam dus terindetifikasi palsu, maka akan terdapat keterangan "Consumables Palsu" dan muncul simbol merah," ujar Syahrizal

Baca juga: BPK Temukan Uang Tahun Emisi 2022 Berpotensi Dipalsukan, BI: Pengamanan Paling Mutakhir

Syahrizal melanjutkan, selain dapat memastikannya melalui aplikasi Epson Genuine, para pengguna dapat memastikannya keaslian tinta melalui Hologram kemasan luar dus. Setiap tinta yang diproduksi Epson, akan memiliki kualitas kemasan atau dus yang bagus, berwarna terang, dan solid. Kemudian dus tinta tersebut juga memiliki sticker hologram pada bagian samping atas dan bawah dari kemasan tinta botol.

"Untuk mengetahui ciri lain dari tinta palsu, para pelanggan dapat mengidentifikasi dengan beberapa cara yakni segel hologram yang terdapat pada tinta palsu agak pudar dan tidak terdapat tulisan Epson Genuine walaupun memang agak sulit untuk dibedakan namun ciri pada tinta palsu hologram yang terdapat pada dus tidak dapat digunakan pada aplikasi," ujar dia.

Baca juga: Kenali Modus Penipuan Ekonomi Digital, Mulai dari Identitas Palsu sampai Catut Nama Perusahaan Lain

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com