Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
AGROINDUSTRI

Unggul di Penerapan ESG, Pupuk Kaltim Raih Dua Penghargaan Beruntun

Kompas.com - 28/10/2022, 18:55 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) meraih predikat Leadership AAA pada ajang Environmental, Social and Governance (ESG) Disclosure Awards 2022 yang digelar BeritaSatu Media Holding B Universe di Jakarta, Rabu (26/10/2022). Penghargaan ini diterima PKT berkat pengimplementasian aspek-aspek ESG pada perusahaan.

Adapun perhitungan skor ESG dilakukan melalui analisis Sustainability Reporting. Analisis ini menentukan tingkat transparansi ESG sesuai faktor yang dinilai relevan oleh Bumi Global Karbon (BGK) Foundation.

BGK Foundation sendiri mengidentifikasi 33 faktor utama ESG berdasarkan studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan.

Sebelumnya, pada Rabu (19/10/2022), PKT juga meraih penghargaan Trenasia ESG Excellence 2022 untuk industri petrokimia kategori Action.

Dalam penjurian yang berlangsung pada Senin (12/9/2022) hingga Rabu (12/1/2022) itu, Trenasia ESG menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri.

Perusahaan tersebut dinilai berdasarkan implementasi ESG serta variabel-variabel turunannya yang termaktub dalam laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan.

Penilaian dilakukan oleh sejumlah pakar dari berbagai latar belakang bidang, seperti Chief Executive Officer (CEO) Schroders Indonesia Michael T Tjoajadi, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, serta Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Mas Achmad Daniri.

Kemudian, Director Department of Research Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edi Setijawan, President Director Institute for Sustainability and Agility Maria Rosaline Nindita Radyati, dan Editor in Chief TrenAsia.com Adhitya Noviardi.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi mengapresiasi penghargaan tersebut. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada BeritaSatu Media Holding serta TrenAsia atas kepercayaan dan kehormatan tersebut.

“Tak bisa dimungkiri, penghargaan tersebut merupakan hasil dari upaya bersama dan kinerja unggul keluarga besar PKT. Mereka senantiasa mendukung dan mewujudkan komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program ESG PKT,” ucap Rahmad dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (28/10/2022).

Dia mengatakan, penghargaan tersebut juga merupakan bentuk komitmen dan kerja keras PKT dalam mendukung penuh program pemerintah melalui penerapan ESG di perusahaan.

“Sebagai perusahaan petrokimia berskala global, PKT terus membangun ekosistem bisnis dengan mengutamakan pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan tata kelola perusahaan. Dengan demikian, PKT dapat menjadi perusahaan berkinerja unggul berkelas dunia,” jelas Rahmad.

Prestasi tersebut, lanjut Rahmad, juga menjadi dukungan bagi PKT untuk mengoptimalkan efisiensi energi dan infrastruktur, serta melakukan ekspansi ke pasar global.

Baca juga: Bantu Kurangi Impor, Pabrik Baru PKT Ditargetkan Bisa Produksi 75.000 Ton Amonium Nitrat per Tahun

Seperti diketahui, investasi ke sektor ekonomi hijau berbasis lingkungan, sosial, dan tata kelola berkelanjutan masih menjadi tren global, termasuk di Indonesia.

Peningkatan kesadaran dunia usaha untuk menjalankan bisnis yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan jadi pendorong utama investasi tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com