Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Proyek Jokowi Hubungkan Jakarta-Surabaya: Kereta Cepat dan Semi Cepat

Kompas.com - 28/10/2022, 22:05 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan diperpanjang hingga Surabaya.

Ia mengatakan dengan kereta cepat, maka rute Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam sehingga bisa bersaing dengan pesawat udara.

"Kereta cepat juga begitu kok, dibangun cuma Jakarta-Bandung banyak kok, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya," kata Budi Karya dikutip pada Jumat (28/10/2022).

Meski dengan biaya yang amat sangat besar, ia tetap yakin Jakarta dan Surabaya nantinya akan tersambung kereta peluru.

Baca juga: Kereta Cepat Mau Dilanjut sampai Surabaya, Ini Rutenya

Sebagai informasi saja, biaya pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang berjarak 142 kilometer saja, membutuhkan investasi hingga Rp 114 triliun. Sebagian besar didanai utang dari China dengan bunga 2 persen per tahun. 

Apa kabar kereta semi cepat?

Kala pemerintah berencana menyambungkan Jakarta-Surabaya dengan kereta cepat, sejatinya saat ini pemerintah juga memiliki proyek lain yang juga mengkoneksikan dua kota terbesar di Indonesia itu.

Proyek tersebut adalah Kereta Semi Cepat Jakarta Surabaya. Jangankan merealisasikan Kereta Cepat Jakarta-Suabaya, proyek kereta semi cepat ini pun kini tak lagi terdengar kabarnya.

Jika berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya seharusnya bakal mulai beroperasi akhir 2022.

Adapun tahapan konstruksi proyek pembukaan jalur kereta semi cepat ini apabila sesuai rencana pemerintah Jokowi, bisa dimulai pada 2020. Namun kini sudah menjelang akhir 2022, proyek kereta semi cepat rupanya masih dalam tahap kajian alias masih jalan di tempat. 

Baca juga: Biaya Kereta Cepat Bengkak, Erick Thohir: Harga Baja Naik Luar Biasa

"Pertengahan tahun depan (mulai konstruksi), selesai dua tahun. Untuk opeasional biasanya alau gitu ada uji coba enam bulan, jadi akhir 2022 bisa operasi," ujar Menhub Budi Karya di Jakarta, 6 Agustus 2019.

Budi menjelaskan, pengelola kereta semi cepat Jakarta-Surabaya bakal melakukan penandatangan nota kesepemahaman (MoU) dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) setelah 17 Agustus 2018.

Ini berbeda dengan MoU Kereta Cepat Jakarta Bandung, di mana pemerintah menggandeng pihak China.

MoU tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari studi kelayakan yang telah dilakukan oleh perusahaan asal Jepang tersebut.

"Nah studi kelayakan ini akan hal-hal yang dihitung kembali. Jepang studi kelayakan dan menghitung, misal jalannya dipindah ke mana, tingkat kelandaian dikurangi, terus desain-desain di mana mesti berhenti dan sebagainya," ujar Budi.

Baca juga: KCIC Buka Peluang Bisnis Rumah Sakit di Pinggir Stasiun Kereta Cepat

Menhub pada 21-22 Juni 2022 melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat Jepang dan pihak swasta guna membahas perkembangan proyek infrastruktur transportasi strategis nasional yang dikerjasamakan dengan Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com