Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Beli Paket Pelatihan Kartu Prakerja di Bukalapak, Berakhir 30 November 2022

Kompas.com - 01/11/2022, 20:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja (PMO) telah mengumumkan nama-nama peserta yang lolos sebagai penerima program Kartu Prakerja Gelombang 47.

Dengan diumumkannya kelolosan tersebut maka program dari pemerintah ini resmi tidak lagi membuka pendaftaran maupun gabung gelombang Prakerja. Namun, program Kartu Prakerja akan kembali berlanjut pada tahun depan (2023).

"Untuk tahun 2022, seperti yang telah kami komunikasikan di sosmed bahwa gelombang 47 adalah gelombang terakhir di tahun 2022," kata Kepala Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, William Sudhana kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2022).

Baca juga: Ini Cara Cek Penerima Kartu Prakerja Gelombang 47

William pun mengingatkan bagi peserta Prakerja yang lolos sebagai penerima agar langsung membelikan pelatihan sebelum tenggat waktu 30 November tahun ini.

Batas waktu pembelian paket pelatihan ini berlaku untuk semua gelombang Kartu Prakerja. Jika tidak dilakukan pembelian maka peserta Prakerja harus menerima risiko diblokir.

"Buat kamu yang lolos, segera beli pelatihan pertama ya karena batas waktu pembelian pelatihan di tahun ini untuk semua gelombang adalah 30 November 2022," ucapnya.

"Oleh karena itu, gunakan kesempatan yang kamu dapatkan ini untuk langsung membeli pelatihan hari ini juga supaya kompetensi meningkat, pelatihan maksimal dan saldo pelatihanmu juga segera habis dengan optimal," lanjut William.

Baca juga: Program Kartu Prakerja Dilanjutkan di Tahun 2023 dengan Skema Normal, Apa Bedanya?

Cara Beli Pelatihan Prakerja di Bukalapak

Di dalam program Kartu Prakerja terdapat platform digital yang telah bekerja sama, yakni Tokopedia, Bukalapak, Pintar, Karier.mu, Kemnaker, dan Pijar. Jika memilih untuk membeli pelatihan melalui Bukalapak, simak tata caranya:

- Buka aplikasi Bukalapak dan pilih menu "Kartu Prakerja".

- Pada halaman Kartu Prakerja, pengguna dapat melihat tutorial Prakerja, memilih voucher belanja, hingga menuju ke halaman pendaftaran Prakerja.

- Untuk membeli kelas pelatihan Prakerja, pengguna harus memilih kelas terlebih dahulu.

- Pilih salah satu opsi kelas yang diinginkan.

- Pada halaman tersebut, pengguna bisa membaca deskripsi, kurikulum, hingga syarat dan ketentuan dari kelas yang dipilih.

- Klik "Lanjut" di bagian pojok kanan bawah.

- Masukkan nomor Kartu Prakerja yang sudah terdaftar di pemerintah.

- Klik "Bayar dengan Kartu Prakerja", kemudian klik "Ya, lanjutkan pembayaran" untuk mengkonfirmasi pembayaran.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com