Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Daftar PIN Khusus Ibu Hamil untuk Naik KRL

Kompas.com - 04/11/2022, 10:37 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - PT KAI Commuter telah menyediakan PIN khusus bagi ibu hamil yang akan menaiki kereta rel listrik (KRL). Ibu hamil menjadi salah satu penumpang prioritas yang bisa memperoleh tempat duduk saat naik KRL.

Ibu hamil dapat meregistrasikan diri melalui laman yang telah tersedia, baik untuk KRL Jabodetabek maupun Solo-Yogyakarta. Ibu hamil yang akan mendaftarkan diri untuk memperoleh PIN khusus ini diwajibkan memiliki kartu multi trip (KMT).

Untuk diketahui, penggunaan PIN ibu hamil berlaku selama dalam masa HPL (Hari Perkiraan Lahir). Jika sudah melewati masa HPL, maka yang bersangkutan dapat mengembalikan ke petugas di stasiun pendaftaran. Lantas, bagaimana tata cara pendaftaran PIN ibu hamil?

Baca juga: Naik KRL Tanpa Kartu Elektronik, Bagaimana Caranya?

Baca juga: Aturan Bagasi Kereta Api dan Rincian Biaya Kelebihannya

Cara pendaftaran PIN ibu hamil penumpang KRL

Saat melakukan pendaftaran, Anda akan diminta mengisikan sejumlah informasi seperti nama, tanggal lahir, nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP), KMT, nomor handphone, email, serta melampirkan foto diri dan surat tentang usia kehamilan.

Bagi ibu hamil pengumpang KRL baik di Jabodetabek maupun Yogyakarta-Solo, dapat mengisi data diri secara online di laman http://bit.ly/30DZ20k (Jabodetabek) dan laman http://bit.ly/3rRIIGE (Solo-Yogyakarta). Berikut tata cara mendaftarkan PIN ibu hamil:

  1. Buka laman sesuai rute operasi KRL
  2. Masukkan alamat email, nama sesuai KTP, tanggal lahir, alamat domisili, dan nomor KTP
  3. Masukkan 16 digit nomor KMT (terdapat di bagian bawah bagian belakang kartu), dan jika belum memilikinya dapat melakukan pembelian di loket stasiun terdekat
  4. Masukkan nomor telepon atau handphone aktif
  5. Pilih stasiun pengambilan PIN ibu hamil
  6. Tentukan tanggal dan bulan pengambilan
  7. Masukkan HPL (Hari Perkiraan Lahir)
  8. Lampirkan foto penumpang dan surat rumah sakit atau bidan tentang usia kehamilan atau prediksi kelahiran dalam satu foto
  9. Setelah memastikan seluruh data yang diisikan benar, klik Submit

Anda dapat menunggu konfirmasi e-mail balasan untuk mendapatkan nomor registrasi pengambilan PIN. Untuk itu, pastikan alamat e-mail yang dimasukkan aktif.

Baca juga: Cara Pesan Makanan di Kereta Melalui Aplikasi KAI Access

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com