Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Akan Jadi Pembicara di B20 Summit Indonesia 2022, Bahas Apa?

Kompas.com - 04/11/2022, 20:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengungkapkan CEO Tesla Elon Musk akan menjadi salah satu pembicara dalam acara puncak B20 Summit Indonesia 2022 yang akan diselenggarakan pada 13-14 November 2022 di Bali.

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, selain menjadi pembicara, dia berharap Elon Musk juga akan mengikuti semua sesi dari acara puncak B20 Summit Indonesia 2022.

"Harapannya Elon Musk akan mengikuti semuanya. Tapi yang paling utama itu di dalam B20 Elon Musk akan ikut juga jadi speakers," ujarnya saat Press Conference B20 Summit tahun 2022 di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (11/4/2022).

Baca juga: B20 Indonesia Dorong Pemberdayaan UMKM yang Berkelanjutan

Chair of B20 Indonesia sekaligus Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Widjaja Kamdani memberikan bocoran mengenai tema seminar yang akan diusung oleh Elon Musk di perhelatan tersebut, yaitu tentang inovasi.

"Kalau Elon Musk kan dia sudah ngetopnya apa? Pasti kan hubungannya dengan inovasi lah," tambahnya.

Berdasarkan akun Instagram @theb20summit, Elon Musk akan menjadi salah satu pembicara dalam sesi bertema Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation bersama dengan CEO dan President Director PT Bakrie & Brothers Tbk Anindya Bakrie.

Elon Musk Berpotensi Gelontorkan Investasi

Baca juga: Bentuk Platform OGWE, B20 Siap Bantu Pendanaan dan Pembinaan UMKM Perempuan Global

Arsjad mengatakan, kedatangan Elon Musk ke Indonesia ini akan membuka peluang untuk berinvestasi di Indonesia. Pasalnya, Elon Musk memiliki banyak lini bisnis seperti bisnis kendaraan listrik Tesla, bisnis transportasi luar angkasa SpaceX, dan sebagainya.

"Katanya kalau belum tahu, belum sayang. Elon Musk harus datang dulu ke Indonesia, setelah melihat Indonesia, ketemu sama orang-orang Indonesia, menghirup udara Bali, harapannya adalah Elon Musk itu akan lakukan investasi. Tapi kan investasi Elon Musk bukan hanya Tesla, ada Twitter, SpaceX, uangnya banyak. Jadi tidak perlu dia gunakan Tesla untuk investasi, bisa juga dia investasi dari diri sendiri," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, jika Elon Musk tidak berinvestasi pun, kedatangannya ke Indonesia akan menjadi magnet acara B20 Summit Indonesia 2022 sehingga petinggi perusahaan internasional lain akan tertarik untuk datang ke acara tersebut.

"Paling sedeikit, Elon Musk saja datang ke Indonesia, yang lain kok enggak? Banyak lagi loh CEO lain yang top hadir," tuturnya.

Baca juga: Dorong Transformasi Digital Pelaku Bisnis, Satuan Tugas Digitalisasi B20 Keluarkan 4 Rekomendasi Strategi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com