Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku Perfeksionis, Luhut: Saya Tidak Bisa Tenang jika Persiapan G20 Belum 100 Persen

Kompas.com - 06/11/2022, 10:12 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta izin kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terbang terlebih dahulu ke Bali guna meninjau persiapan final acara inti KTT G20, Sabtu (5/11/2022).

Luhut sekaligus akan memastikan kembali apa saja yang belum dan perlu untuk diselesaikan demi kelancaran acara KTT G20 nanti.

“Sebagai orang yang cukup perfeksionis, saya tidak bisa tenang jika persiapan G20 ini belum 100 persen terlaksana," ujar Luhut melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, dikutip Minggu (6/11/2022).

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga Soetta Beroperasi 24 Jam selama KTT G20

Padahal ia menjelaskan, sudah banyak kepastian dari segala sisi, baik perihal kehadiran delegasi, materi, deliverables, event-event pendukung, dan pertemuan antar kepala negara.

Urusan cuaca juga menjadi kekhawatiran Luhut mengingat salah satu acara gala dinner akan dilakukan di ruang terbuka.

Luhut menceritakan, menyelenggarakan acara tingkat dunia dalam kondisi serba sulit bukanlah pekerjaan yang mudah.

"Namun bukan juga berarti kami mempersiapkan sekadarnya saja. Kita harus all out mengerahkan semua kemampuan terbaik," imbuh dia.

Ia memaparkan, Indonesia selama ini dikenal sebagai bridge bulider. Untuk itu dalam rangkaian KTT G20 ini negara harus membuktikan apakah kepercayaan G20 masih ada.

"Saya optimistis kepercayaan itu semakin meningkat, karena melihat bagaimana respons dan permintaan dari dunia internasional kepada Presiden Jokowi untuk mewujudkan perdamaian dunia," ujar dia.

Indonesia sendiri, Luhut bilang, merupakan representasi negara berkembang di Asia Tenggara yang mampu menyelenggarakan event G20 dalam kondisi spesial.

"Visinya yaitu bermanfaat bagi semua pihak termasuk negara berkembang, negara pulau-pulau kecil serta kelompok rentan, bukan hanya demi kepentingan anggaota G20 itu sendiri,' ujar dia.

Luhut berharap, seluruh rangkaian acara KTT G20 tahun ini dapat berlangsung dengan lancar dan berkesan bagi tamu undangan.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Ganjil Genap di Bali Selama KTT G20

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com